TUGAS MANAJER untuk PENGAWASAN TERHADAP PROSES KERJA

TUGAS MANAJER untuk PENGAWASAN TERHADAP PROSES KERJA

TUGAS MANAJER untuk PENGAWASAN TERHADAP PROSES KERJA

Setelah pelaksanaan kerja dilakukan

selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pengawasan atau controlling terhadap proses kerja di perusahaan. Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan bahwa organisasi berjalan sesuai dengan rencana yang telah dibuat untuk mencapai tujuan perusahaan.

Jika terjadi organisasi berjalan di jalur yang salah, maka tugas manajer untuk mencari penyebabnya dan mengarahkan kepada jalur yang benar. Pengawasan ini menjadi sebuah upaya untuk melakukan perbaikan-perbaikan pada pelaksanaan organisasi yang tidak sesuai.

Apakah selama ini kegiatan operasional organisasi di lapangan sudah cocok dan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat untuk mencapai tujuan perusahaan. Sehingga aktivitas yang dilakukan dalam pengawasan meliputi, melihat, mengecek, menilai, mengoreksi dan mencocokkan kenyataan dengan rencana. Pada akhirnya kesalahan yang terjadi selama proses kerja dapat diperbaiki.

Dalam melakukan proses pengawasan, perlu diterapkan standar tertentu agar penilaian menjadi lebih efektif. Berbagai standar itu diantaranya, standar waktu, standar produktifitas dan standar biaya. Hal ini dilakukan agar semua kegiatan proses kerja bisa diukur dan dinyatakan dalam ukuran yang dapat diterima oleh karyawan dan atasan.

Menentukan standar harus dilakukan sebelum pengawasan berlangsung, agar perbaikan dapat dilakukan berdasarkan hasil evaluasi pengukuran tersebut.


Baca Juga :