TUGAS MANAJER untuk MENGATUR DAN MENGARAHKAN KARYAWAN

TUGAS MANAJER untuk MENGATUR DAN MENGARAHKAN KARYAWAN

TUGAS MANAJER untuk MENGATUR DAN MENGARAHKAN KARYAWAN

Karyawan merupakan

faktor internal perusahaan yang bisa memberikan dampak bagi perusahaan. Mengatur dan mengarahkan karyawan termasuk ke dalam tugas manajer yang cenderung sulit. Dikatakan sulit karena, karyawan merupakan manusia yang memiliki berbagai macam pikiran, tindakan dan emosi yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Seorang manajer tidak akan bisa mengatur karyawan apabila menilai sama rata setiap karyawan yang ada.Manajer memerlukan cara yang efektif agar bisa mengarahkan dan mengatur karyawan sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk bisa mengatur karyawan misalnya membuat peraturan tertulis. Peraturan tertulis ini bersifat umum, tegas, dan harus ditaati oleh setiap karyawan. Peraturan dibuat tertulis, agar karyawan mengetahui sanksi yang bisa mereka dapatkan apabila melanggar peraturan.

Manajer bisa membuat penilaian menggunakan KPI atau Key Performance Index yang berupa ukuran kuantitatif untuk mengukur serta membandingkan kinerja karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan. KPI memiliki berbagai kriteria, yaitu target, outcame dan nilai ambang batas.

Dari hasil KPI ini manajer bisa melihat bahwa setiap KPI karyawan akan berbeda tergantung pada tugasnya masing-masing.

Penetapan reward dan punishment juga bisa menjadi opsi bagi manajer untuk bisa mengatur karyawan. Dengan adanya reward, karyawan akan semakin semangat dalam mengerjakan setiap tugasnya demi mendapatkan reward tersebut. Reward diberikan bukan hanya dalam bentuk materi, pemberian apresiasi berupa ucapan juga bisa menjadi sebuah reward, sehingga karyawan merasa dihargai.

Penerapan punishment dalam perusahaan juga akan menjadikan karyawan tidak sembarangan dalam menjalankan pekerjaan.

Sebagian karyawan yang telah lama bekerja dituntut untuk melakukan beberapa hal lebih atau mungkin merasa jenuh karena melakukan tugas yang sama setiap harinya. Jika ada hal yang demikian, maka manajer perlu memberikan kegiatan development bagi karyawan tersebut.

Kegiatan development ini berguna untuk menambah wawasan serta skill karyawan sehingga nantinya karyawan tersebut bisa ditempatkan di posisi yang lebih tinggi. Kegiatan development ini misalnya berupa seminar, training, workshop, dan lain lain.


Sumber: https://www.mutumed.co.id/xenoshyft-apk/