Tingkatkan Pendidikan, Gedung Kuliah Vokasi Dibangun di Gunungkidul

Tingkatkan Pendidikan, Gedung Kuliah Vokasi Dibangun di Gunungkidul

Tingkatkan Pendidikan, Gedung Kuliah Vokasi Dibangun di Gunungkidul
Tingkatkan Pendidikan, Gedung Kuliah Vokasi Dibangun di Gunungkidul

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melebarkan sayapnya dengan membangun kampus di luar kampus

utama. Gedung ini dibangun di Gunungkidul yang akan menampung 8 program studi vokasi.
ADVERTISEMENT
Adapun 8 program studi tersebut adalah pengelolaan usaha rekreasi atau manajemen pariwisata, bisnis kreatif, bisnis digital, teknik informatika, tata busana, tata boga, logistik perdagangan internasional, dan akuntansi.
“Fokusnya di vokasi, D4. Jadi memang kita mendukung instruksi presiden soal pendidikan vokasi, untuk daerah-daerah di pinggiran, yang dibutuhkan kan langsung ke pekerjaan tertentu,” ujar Rektor UNY, Sutrisna Wibawa, saat sosialisasi pembangunan gedung vokasi UNY di Gunungkidul, Selasa (21/1/2020).
Sehingga, ketika mahasiswa telah lulus nanti, bisa langsung bekerja di lokasi pekerjaan yang ada di Gunungkidul. Namun, tidak menutup kemungkinan para lulusan akan menyebar di berbagai wilayah di Indonesia.
2sutrisnaw.jpeg

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa, saat memaparkan laporan di sosialisasi pembangunan gedung perkuliahan

untuk program vokasi Universitas Negeri Yogyakarta di Gunungkidul, Selasa (21/1/2020). Foto: Leni.
Terkait dengan biaya, Sutrisna meminta calon mahasiswa tidak perlu khawatir. Berbagai beasiswa telah disediakan untuk mempermudah calon mahasiswa dalam berkuliah. Terkait dengan penambahan program sarjana (S1) di Gunungkidul, Sutrisna justru akan membuka program magister (S2).
ADVERTISEMENT
“Belum (soal pembukaan program sarjana di kampus UNY Gunungkidul). Malah kita (rencanakan buka) S2. Karena untuk meningkatkan kualitas pendidikan para guru, S2 itu penting,” terang Sutrisna.
Karena terletak di Gunungkidul, pihaknya akan memberikan prioritas untuk calon mahasiswa dari Gunungkidul. Tak hanya itu, ia berharap, kabupaten Gunungkidul sebagai pusat pendidikan yang mahasiswanya tak hanya dari Gunungkidul saja, tetapi dari kabupaten di sekitarnya seperti Klaten, Wonogiri, dan Pacitan.

“Sehingga, Gunungkidul punya peran yang strategis dalam hal pengembangan pendidikan,” tuturnya

.
Hal ini pun mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Dengan adanya kampus vokasi UNY, diharapkan mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Gunungkidul, yang kini masih terendah di DIY.
“Kami dari kabupaten mengucapkan terima kasih. kami berharap banyak dengan dibangunnya UNY ini karena kita yakini akan meningkatkan IPM kita yang saat ini masih terendah di DIY. Kemudian juga akan membuka lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat,” ujar Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Gunungkidul, Anik Indarwati.

 

Baca Juga :