Tema wirausaha mandiri mahasiswa

Tema wirausaha mandiri mahasiswa

Tema wirausaha mandiri mahasiswa
Tema wirausaha mandiri mahasiswa

Menekuni dunia wirausaha kini tengah digandrungi para generasi muda. Namun, menjadi seorang wirausaha muda dan sukses diperlukan pelatihan serta motivasi sedini mungkin. Bekal ini bisa didapatkan sejak di bangku kuliah. Membekali mahasiswa dengan pengetahuan kewirausahaan diharapkan dapat menjadi modal agar kelak para mahasiswa ini bisa membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia dan membantu perekonomian bangsa.

Mengasah Jiwa Wirausaha Sejak Awal Kuliah 

Kemandirian dan daya saing bangsa pada era kini tak dapat dilepaskan dari seberapa intens dan seriusnya upaya pembelajaran kewirausaahan di kancah pendidikan tinggi. Keluaran pendidikan tinggi tidak boleh lagi sebatas menjadi puak pengekor bangsa-bangsa lain di dunia. Di atas segalanya, harus menjadi generasi yang memiliki keunggulan kompetitif dan daya dobrak yang kuat.

Pendidikan kewirausahaan di kalangan mahasiswa lalu diharapkan mampu menggali bakat dan keterampilan yang berdimensi kreatif inovatif. Karena itu, perlu disiapkan sejumlah program yang mampu mengarahkan mahasiswa agar sepenuhnya mandiri dalam berkreasi serta berani mengambil risiko. Demikian pendapat Rektor Universitas Nasional, Drs. El Amry Bermawi Putera, MA.

Menurut El Amry, menjadi wirausaha diperlukan pelatihan serta motivasi sedini mungkin. Bekal ini bisa didapatkan sejak di bangku kuliah. Seperti yang diterapkan oleh Universitas Nasional (Unas), sejak kuliah tingkat pertama mahasiswa dilatih menjadi seorang wirausaha. Antara lain, melalui kuliah umum kewirausahaan dan bazaar bertajuk “Wirausaha Muda Penggerak Perekonomian Bangsa”. Di samping untuk memenuhi kurikulum, agenda tersebut merupakan ajang untuk menggelar produk mahasiswa.

Dengan pengetahuan kewirausahaan, mahasiswa memiliki bekal menjawab tantangan masa depan. Terutama untuk keperluan terciptanya lapangan kerja berdasarkan inovasi dan terobosan mereka yang sekarang tercatat sebagai mahasiswa.

KESIMPULAN

mahasiswa diharapkan mampu menggali bakat dan keterampilan usaha para mahasiswa menjadikan mereka sosok yang kritis, kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, perlu disiapkan program-program yang mengarahkan mahasiswa agar mandiri dalam berkreasi, berani dalam mengambil dan menghadapi risiko.

Sumber : https://cloudsoftwareprogram.org/