Teknik Membuat Karya Tulis yang Efektif

Teknik Membuat Karya Tulis yang Efektif

Teknik Membuat Karya Tulis yang Efektif
Teknik Membuat Karya Tulis yang Efektif

Teknik-Teknik Membuat Karya Tulis yang Efektif

 Tidak ada yang menangkal bahwa menulis adalah sesuatu yang penting, sebab tulisan dapat mengungkapkan pesan menulis, dan mengekspose pikiran-pikiran serta gagasan-gagasannya. Keterampilan menulis mutlak diperlukan untuk menulis khutbah, diktat, rekomendasi, bulletin, pamflet, koran, dan majalah.

 Keterampilan Menulis

Tidak sedikit orang yang enggan menulis dengan dalih kesulitan, atau menganggap bahwa menulis adalah hobi dan bakat yang tidak dimiliki oleh setiap orang Seorang penulis terkemuka berkata, “Jika ada penulis besar mengatakan bahwa menulis adalah bakat, maka penulis yang lain mengatakan bahwa faktor bakat sesuangguhnya hanya berperan 10% begi keterampilan menulis. Sedangkan 90% lainnya merupakan hasil dari latihan menulis yang dilakukan dengan tekun dan tidak mengenal lelah.”

 Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis bagi seorang muslim.

  1. Seorang muslim berbeda dengan non-muslim, karena ia merasa bertanggung jawab terhadap setiap kata yang ditulisnya.
  2. Penulis yang bertakwa dan menghargai dirinya, tidak sepatutnya mencuri hasil karya orang lain dan mengklaimnya sebagai hasil karyanya sendiri.
  3. Tujuan menguasai keterampilan menulis ini bukan semata-mata untuk mencari popularitas dan pujian orang.
  4. Bahasa yang digunakan dalam karya tulis adalah bahasa yang jelas, ringkas, dimengerti oleh pembaca dan fokus.
  5. Jangan berusaha menulis untuk memikirkan hasil yang terbaik pada karya tulis yang pertama, karena tujuan utama Anda adalah menuangkan gagasan dan pendapat Anda diatas kertas tanpa harus memedulikan kesalahan-kesalahan yang mungkin Anda lakukan.

Tujuan Menulis

Muhammad bin Hazm menyebutkan bahwa tujuan seorang muslim yang baik dalam membuat karya tulis adalah membuat inovasi baru, melengkapi sesuatu yang kurang, menjelaskan seuatu yang rumit, meringkas sesuatu yang panjang tanpa mengurangi intisarinya, menghimpun sesuatu yang berserakan, dan mengoreksi kesalahan penulis. Ketentuan ini untuk karya tulis dalam bentuk penelitian dan buku. Menulis artikel bertujuan untuk memaparkan kebajikan, memoeringatkan kejahatan, mengingatkan orang yang lupa, mengambil kasus-kasus dimasyarakat, memperkenalkan para ulama, dll.

Sumber : https://airborn.co.id/steampunk-syndicate-apk/