Sejarah Sulap di Dunia

Sejarah Sulap di Dunia

Sejarah Sulap di Dunia
Sejarah Sulap di Dunia

Pada tahun 1784

ia mengadakan pertunjukan di Haymarket Theatre, London, suatu event yang sangat penting karena merupakan awal perpindahan dari seni sulap jalanan dan Festival Pekan Raya menjadi pertunjukan teater. Hal tersebut menjadi inspirasi bagi pesulap generasi berikutnya.

John Henry Anderson (1814-1874) adalah pesulap dari Skotlandia, yang sering disebut sebagai The Wizard of the North

Dia sukses menembus Eropa, Amerika dan Australia. Bahkan lebih dahulu dari Harry Houdini, pesulap yang paling terkenal dalam publikasi. Anderson dikenal dengan alat-alatnya yang sangat besar & terbuat dari perak solid. Dia sempat menjadi kaya, namun akhirnya kehilangan semua kekayaan setelah teater tempat ia melakukan pertunjukan habis terbakar dan menjadikan ia bangkrut.

Sejak saat itu masyarakat mengenal sulap sebagai suatu bentuk seni pertunjukan

Kepopuleran dunia sulap berlanjut hingga ke abad berikutnya. Bahkan banyak bermunculan pesulap-pesulap hebat. Pada masa tersebut belum ada pertunjukan televisi. Sulap merupakan salah satu bentuk pertunjukan live yang sangat populer dan membangkitkan antusias masyarakat dimanapun mereka mengadakan pertunjukan.

Sementara itu, di Indonesia sulap mulai populer di Indonesia sejak tahun 1950-an

Namun tidak ada pesulap Indonesia yang namanya tersohor & menonjol. Kebanyakan dari mereka adalah hanya pesulap untuk acara-acara ulang tahun. Pada saat itu nama Harry Houdini sempat terdengar sampai tanah air. Kemudian pada tahun 1990-an, David Copperfield, pesulap asal Amerika lah yang mendominasi dunia dengan pertunjukan sulap yang spektakuler. Ia juga sempat datang ke Indonesia beberapa kali & mengadakan pertunjukan.

Setelah itulah, banyak bermunculan pesulap-pesulap Indonesia yang mulai terjun secara profesional.

Di antaranya adalah: Deddy Corbuzier, Adri Manan, Dwi Montero dst. Kemudian disusul dengan generasi-generasi baru seperti Alford, Oge, dst.

Sobat demikian artikel Sejarah Sulap di Dunia. Terimakasih sudah mampir di laman kami. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga artikel: