Saluran Pribadi

Saluran Pribadi

Saluran Pribadi

Saluran pribadi (private line) adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi Anda. Saluran pribadi yang ditunjukan untuk Anda digunakan disediakan oleh penyedia layanan yang umum, yaitu perusahaan telepon. Terdapat dua jenis saluran pribadi yang populer yaitu saluran T-1 dan T-3. Yang masing-masing memiliki kecepatan tranmisi maksimum sedikit di atas 1,5 Mbps, dan dapat mentranfer  data dengan kecepatan 43 Mbps.

Saluran T-1 dan T-3 keduannya merupakan kumpulan dari koneksi 64 Kbps diantara dua peralatan komunikasi telepon. Karena keduanya merupakan kumpulan dari koneksi tersebut maka salurannya dapat dikomplekskan. Jadi mereka dapat dipecah menjadi jalur-jalur komunikasi yang terpisah. Saluran T-1 sering digunakan oleh organisasi bisnis dengan lalu lintas komunikasi data yang tinggi, sedangkan saluran T-3 biasanya digunakan untuk para penyedia layanan.

Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks)

Saluran pribadi mahal biayanya, paling tidak jika dibandingkan dengan koneksi Internet. Saluran pribadi lebih aman, karena data organisasi Anda adalah satu-satunya data yang berada pada saluran komunikasi. Untuk menikmati keamanan dan kecepatan saluran pribadi namun tetap dapat menggunakan jaringan internet yang berbiaya rendah yaitu dengan VPN. Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks—VPN) untuk mengimplementasikanya, organisasi perlu mengadakan kontrak dengan penyediaan layanan  Internet yang menggunakan peranti lunak tunneling. Microsoft dan Cisco Syistem, sebagai dua vendor utama peranti keras komunikasi dan peranti lunak-peranti lunak terkait mendukung peranti lunak tunneling.

baca juga :