Rendah Hati

Table of Contents

Rendah Hati

Defenisi : rendah hati adalah sisi afektif dari pengetahuan diri. Rendah hati terdiri dari keterbukaan yang sejati pada kebenaran dan kemauan untuk bertindak memperbaiki kesalahan-kesalahan kita.

Pengalaman belajar: berlatih terbuka terhadap kebenaran, dari manapun sumbernya, dan mau memperbaiki kesalahan-kesalahan diri sendir.

Hasil belajar: mengakui kebenaran pendapat orang lain. Mengaku bersalah jika melakukan kesalahan. Memberikan penghargaan terhadap pendapat orang lain.

Tindakan Moral

  1. Kompetensi

Defenisi : kompetensi moral adalah kemampuan mengubah putusan dan perasaan moral menjadi tindakab moral yanh efektif.

Pengalaman belajar: psikologiwan Ervin Staub menemukan bahwa anak-anak yang memiliki pengalaman yang terbimbing dalam role-playing.

Hasil belajar : kemampuan melaksanakan tindakan moral, berbuat baik, membantu orang lain.

  1. Keinginan Moral

Defenisi : menjadi baik sering mempersyaratkan sebuah tindakan nyata dari kemauan, suatu mobilisasi energy moral untuk melakukan apa yang menurut kita harus dilakukan. Kemauan memerlukan emosi berada di bawah control diri. Kemauan membutuhkan kemampuan untuk menolak godaan, teguh menghadapi tekanan teman sebaya dan melawan arus. Kemauan adalah inti dari keberanian moral.

Pengalamn belajar: kemauan sebagai sebuah potensi diri perlu dipahami dan disadari oleh peserta didik melalui bantuan guru. Langkah berikutnya peserta didik diminta mencatat kemauan-kemauan moral apa saja yang tidak dipenuhinya, setelah ini adalah praktik-praktik mewujudkan kemauan.

Hasil belajar: individu yang berupaya memiliki kemauan melakukan tindakan moral.konsistensi melaksanakan kewajiban moral.

sumber :
https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/gbwhatsapp-apk/