Prinsip-Prinsip Wawasan Wiyata Mandala

Prinsip-Prinsip Wawasan Wiyata Mandala

Menurut Widya (2017) mengungkapkan bahwa prinsip-prinsip wawasan wiyata mandala, yaitu:

  1.  Sekolah merupakan lingkungan pendidik.
  2.  Kepala sekolah bertanggung jawab penuh terhadap lingkungan.
  3. Guru dan orang tua siswa ada pengertian untuk mengembangkan tugas pendidik.
  4. Warga sekolah harus menjujung tinggi citra sekolah.
  5.  Sekolah harus bertumpuh pada masyarakat dan mendukung keturunan.
  1. Sekolah Sebagai Lingkungan Pendidikan

Dikarenakan sekolah sebagai Wiyata Madala atau lingkungan pendidikan maka sekolah tidak boleh digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang memiliki tujuan yang bertentangan dengan tujuan pendidikan. Sekolah merupakan tempat siswa belajar dan guru mengajar, tempat untuk menuntut ilmu, tempat membina dan mengembangkan pandangan hidup dan kepribadian bangsaa, tata karma, nilai-nilai agama, Iptek serta berbagai macam keterampilan siswa.

Oleh karena itu sudah sewajarnya kita mempunyai kewajiban moral untuk senantiasa menjunjung tinggi nama baik sekolah, menghormati sekolah, serta menjaga dan melindungi sekolah dari segala macam unsur yang dapat menganggu proses pendidikan. Disini diperlukan persatuan dan kesatuan warga sekolah untuk menghadapi segala kemungkinan yang dapat mengganggu jalannya proses belajar mengajar disekolah. Setiap warga sekolah harus dapat menunjukan loyalitas atau pengabdian kepada sekolah.

Untuk itu maka peran aktif siswa dan guru dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan. Tugas guru dan siswa adalah menciptakan suasana kelas sedemikian rupa sehingga terjadi interaksi yang mendorong para siswa untuk belajar interaktif. Dalam hal ini yang mendapat perhatian adalah :

  1. Bentuk pengaturan perabot disesuaikan dengan situasi kelas.
    2. Jumlah kelompok dalam kelas
    3. Jumlah siswa dalam kelompok

sumber :