Persiapan Pembibitan Budidaya Tomat

Persiapan Pembibitan Budidaya Tomat

Persiapan Pembibitan Budidaya Tomat
Persiapan Pembibitan Budidaya Tomat

Menurut tulisan karangan Andrew F, Smith The Tomato in Amerika Tomat berkemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Dan setelah Spanyol menguasai Amerika selatan, Mereka menyebarkan tanaman Tomat tersebut Pada Koloni-koloni mereka di karibia. Kemudian Spanyol juga tomat ke Filipina, Yang terjadi titik awal penyebaran pada daerah yang lainya di seluruh benua Asia. Kemudian Spanyol juga membawa Tomat ke Eropa, Dan tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah yang beriklim (Mediterania).

Tanaman tomat merupakan salah satu jenis tanaman Hortikultura yang bernilai ekonomis Tinggi. Untuk itu Tips menanam tomat yang baik memerlukan Perhatian. Tips menanam tomat perlu di lakukan secara Intensif agar produksi optimal. Tanaman tomat termasuk komoditas multiguna, Selain berfungsi untuk sayuran dan buah, Tomat juga di manfaatkan sebagai bahan dasar Kosmetik dan Obat-obatan.

Persiapan pembibitan budidaya Tomat

Membutuhkan rumah atau sungkup pembibtan untuk melindungi bibit muda. Kemudian menyediakan media semai dengan komposis 20 liter tanah. Dan 10 liter pupuk kandang, Dan 150 g NPK Halus.

Media campuran di masukkan kedalam polibag semai

Dan sebelum melakukan penyemaian benih, Sebaiknya benih di rendam terlebih dahulu dalam larutan fungisida sistemik berbahan aktif simokanil dengan dosis ½ dosis serendah yang dianjurkan pada kemasan selama 6 jam. Kemudian baru benih di semai di media, Dan untuk mempercepat perkecambahan benih permukaan media di tutup dengan kain goni atau (Bisa menggunakan mulsa PHP). Di jaga dengan keadaan lembab.

Pembukaan penutup permukaan media semai di lakukan apabila benih sudah berkecambah, kemudian baru benih di sungkup menggunakan plastik transparan. Pembukaan sungkup di mulai pada jam (07.00-09.00,) dan di bika lagi pada jam (15.00-17.00.) Pada umur 5 hari menjelang tanam sungkup harus di buka secara penuh untuk penguatan tanaman tomat.

Penyiraman jangan terlalu basah

di lakukan setiap pagi, Dan penyemprotan fungisida berbahan aktif simoksanil dan insektisida berbahan aktif imidaklopriddi lakukan pada umur 10 hss atau (Hari setelah semai). Dengan dosis ½ dosis terendah. Bibit berdaun sejati 4 helai siap di pindah tanam ke Lahan.

 

Sumber: https://www.duniabudidaya.co.id