Permasalahan Ekonomi Adalah

Permasalahan Ekonomi Adalah

Permasalahan Ekonomi Adalah
Permasalahan Ekonomi Adalah

Masalah pokok ekonomi terkait dengan mencari jawaban

Tiga pertanyaan what, how, dan for whom. Beberapa ahli menyatakan bahwa jawaban terhadap ketiga pertanyaan tersebut diatur dalam sistem ekonomi yang dianut oleh suatu negara, seperti yang terlihat dalam pengertian sistem ekonomi di bawah ini.

Menurut Gilarso (1992:486) sistem ekonomi adalah

keseluruhan tata cara untuk mengoordinasi-kan perilaku masyarakat (para konsumen, produsen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan dinamis, dan kekacauan dapat dihindari.Oleh karena itu pokok permasalahan ekonomi dalam masyarakat modern perlu dirinci kedalam beberapa persoalan yang harus dipecahkan yaitu:

Menentukan barang dan jasa yang harus diproduksi (what to produce)

Karena sumber daya terbatas sementara kebutuhan tidak terbatas, maka tidak semua barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat dapat diproduksi. Suatu masyarakat ekonomi harus menentukan barang dan jasa apa saja yang akan diproduksi, barang dan jasa mana yang akan diprioritaskan, barang dan jasa apa yang akan diproduksi kemudian, serta barang dan jasa apa yang tidak dapat diproduksi. Ini merupakan masalah bagaimana mengalokasikan sumber daya yang ada (sumber daya alam, manusia, dan modal) ke dalam berbagai sektor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Menentukan cara barang diproduksi (how to produce)

Metode produksi atau teknologi mana yang akan digunakan ? Di sini, diperlukan penggunaan metode produksi atau teknologi yang paling efisien, artinya yang dapat menghasilkan suatu barang dan jasa dengan pengorbanan (atau biaya) yang paling rendah. Ilmu ekonomi memandang teknologi sebagai faktor penting dalam proses produksi. Namun, masih banyak faktor penting yang harus dipertimbangkan, seperti skala produksi, kemampuan manajerial, iklim, kemampuan finansial, dan sikap mental.

Menentukan untuk siapa barang-barang diproduksi (to whom)

Salah ekonomi tentang bagaimana hasil produksi dibagikan adalah masalah tentang keadilan dan pemerataan distribusi. Bagaimana memberi balas jasa atas warga yang bekerja lebih banyak daripada yang lainnya.Masalah distribusi juga terkat dengan pertanyaan bagaimana memberi jaminan kepada sebagian warga yang mendapatkan hasil produksi di dalam ekonomi, sekalipun tidak ikut berproduksi seperti anak-anak sekolah dan orang tua jompo.

Keputusan untuk siapa barang dan jasa diproduksi berkaitan eratdengan konsep keadilan masyarakat yang bersangkutan. Bagi masyarakat egaliter, keadilan berarti setiap individu berhak mendapatkan barang dan jasa secara adil dalam jumlah yang sama, tetapi bagi masyarakat utilitarian yang dimaksud dengan adil adalah pembagian barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan masing-masing .

SISTEM EKONOMI

Pengertian Sistem ekonomi

Sistem ekonomi berarti keseluruhan cara untuk mengkoordinasikan prilaku masyarakat, yaitu para konsumen, produsen, pemerintah dan luar negeri dalam menjalankan kegiatan ekonomi yaitu produksi, distribusi, konsumsi, investasi sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan teratur dan dinamis, untuk mencapai tujuan tertentu.

Tujuan sistem ekonomi adalah untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat dalam suatu negara, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan untuk menjaga stabilitas ekonomi dengan kesempatan kerja penuh (full employment) tanpa adanya pengangguran (un-employment).

Sumber : https://blog.dcc.ac.id/contoh-teks-ulasan/