Perkuat Sinyal Wifi Dengan Cara Ini

Perkuat Sinyal Wifi Dengan Cara Ini

Perkuat Sinyal Wifi Dengan Cara Ini
Perkuat Sinyal Wifi Dengan Cara Ini

Di era digital ini, kebutuhan akan WiFi dapat dibilang sudah mencapai garis primer. Di mulai dari untuk hiburan, pekerjaan, dan bahkan pendidikan, kini semua aspek kegiatan sehari-hari hampir semuanya mengharuskanmu untuk stand by secara online.

Namun, bagaimana jika sinyal WiFi tiba-tiba melemah? Panik hingga bad mood pun akan meradang. Tak perlu lagi khawatir, jika sinyal WiFi “berulah” 5 cara ini dapat kamu aplikasikan untuk mengatasinya.

Pakai aplikasi penguat sinyal

Salah satu penyebab sinyal Wifi yang lemah adalah karena penggunaan daya yang tidak optimal. Untuk mengatasinya kamu bisa andalkan aplikasi penguat sinyal yang bisa kamu unduh di perangkat elektronikmu, mulai dari smartphone hingga laptop.

 

Gunakan WiFi repeater

Jika posisi router cukup jauh dan terhalang oleh banyak hal seperti tembok atau bahkan elemen-elemen penghias ruangan, kamu bisa maksimalkan koneksi dengan menggunakan repeater. Repeater berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi untuk kemudian diteruskan ke ruangan dimana letak repeater berada.

 

Kontrol bandwidth

Jika kamu tak menggunakan WiFi seorang diri, kamu bisa kontrol bandwidth dari pemakaian WiFi untuk membatasi penyerapan koneksi sepihak. Jadi, momen ber-WiFi ria dapat terbagi secara adil untuk semua penggunanya.

 

Jauhkan perangkat yang dapat mengganggu sinyal wifi

Tahu kah kamu bahwa perangkat elektronik lainnya ternyata dapat mengganggu sinyal WiFi? Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa pindahkan router WiFi ke tempat yang agak jauh dari telepon nirkabel, microwave, atau alat monitor bayi.

 

Reboot router ketika koneksi idle

Seperti barang elektronik lainnya, router-pun dapat memiliki masalah jika digunakan terus menerus tanpa dimatikan. Contohnya, jika kamu sedang berinternet ria lalu kemudian koneksi tak berjalan padahal tak ada gangguan sinyal sama sekali. Untuk itu, ada baiknya kamu me-reboot router secara berkala untuk menghindari hal ini.

Baca Juga :