PENJELASAN JANTUNG MANUSIA 

PENJELASAN JANTUNG MANUSIA

PENJELASAN JANTUNG MANUSIA 
PENJELASAN JANTUNG MANUSIA

Pengertian Jantung

Jantung (bahasa Latin: cor) yakni sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Istilah kardiak berarti bekerjasama dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung yakni salah satu organ insan yang berperan dalam sistem peredaran darah.

Jantung terletak dalam rongga dada agak sebelah kiri, di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan.

Jantung yakni satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium. Jantung terletak di dalam rongga torakik, di balik tulang dada. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri.

Penjelasan

Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh selaput ganda yang berjulukan perikardium, yang tertempel pada diafragma. Lapisan pertama melekat sangat bersahabat kepada jantung, sedangkan lapisan luarnya lebih longgar dan berair, untuk menghindari goresan antar organ dalam badan yang terjadi lantaran gerakan memompa konstan jantung.

Jantung dijaga di tempatnya oleh pembuluh-pembuluh darah yang mencakup kawasan jantung yang merata/datar, menyerupai di dasar dan di samping. Dua garis pembelah (terbentuk dari otot) pada lapisan luar jantung menunjukkan di mana dinding pemisah di antara serambi dan bilik jantung.

Fungsi Jantung

Secara umum fungsi jantung yang utama yakni memompa darah ke seluruh badan dan menampungnya kembali sesudah dibersihkan organ paru-paru. Hal ini berarti bahwa fungsi jantung insan yakni sebagai alat atau organ pemompa darah pada manusia.

Penjelasan 2

Pada dikala itu jantung menyediakan oksigen darah yang cukup dan dialirkan ke seluruh tubuh, serta membersihkan badan darih hasil metabolisme (karbondioksida). Sehingga untuk melaksanakan fungsi tersebut jantung mengumpulkan darah yang kekurangan oksigen dari seluruh badan dan selanjutnya memompanya ke paru-paru, dengan cara darah pada jantung mengambil oksigen dan membuang karbondioksida. Pada jantung darah yang kaya akan oksigen yang berasal dari paru-paru dipompa ke jaringan seluruh badan manusia.

Demikianlah penjelasan mengenai PENJELASAN JANTUNG MANUSIA . Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

Baca Juga: