Pengetesan Sistem Menggunakan Black box

 Pengetesan Sistem Menggunakan Black box

Pengujian black box adalah pengujian aspek fundamental sistem tanpa memperhatikan struktur logika internal perangkat lunak. Metode ini digunakan untuk mengetahui apakah perangkat lunak berfungsi dengan benar. Pengujian black box merupakan metode perancangan data uji yang didasarkan pada spesifikasi perangkat lunak. Data uji dibangkitkan, dieksekusi pada perangkat lunak dan kemudian keluaran dari perangkat lunak dicek apakah telah sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian black box merupakan pendekatan komplementer dari teknik white box, karena pengujian black box diharapkan mampu mengungkap kelas kesalahan yang lebih luas dibandingkan teknik white box. Pengujian black box berfokus pada pengujian persyaratan fungsional perangkat lunak, untuk mendapatkan serangkaian kondisi input yang sesuai dengan persyaratan fungsional suatu program.

Black box testing dilakuan untuk mengetahui apakah setiap button yang ada dapat berjalan sesuai dengan fungsinya atau tidak. Pengetesan dilakukan pada semua component yang tedapat pada setiap form yang ada pada aplikasi.

  1. Tombol refresh

Pada tombol ini akan terjadi proses penghapusan data atau kembali lagi pada proses awal.

  1. Tombol tambah

Pada tombol ini akan terjadi proses tambah data jika di eksekusi setelah data yang dibutuhkan telah terisi dengan lengkap.

  1. Tombol simpan data

Pada tombol ini akan terjadi proses simpan data setelah kita selesai melakukan proses tambah data maupun edit data. Semua data akan terupdate setelah kita melakukan eksekusi tombol ini.

  1. Tombol edit

Pada tombol ini akan terjadi proses update data jika tombol ini di eksekusi setelah kita memilih data yang akan diedit lalui mengisi nya sesuai kebutuhan yang kemudian dilanjutkan ke fungsi berikut nya.

  1. Tombol keluar

Tombol ini berfungsi untuk keluar dari program aplikasi yang kita jalankan.

  1. HASIL EXPERIMEN

Dari hasil analsisa tersebut, kami mencoba mengimpementasikan kedalam sebuah program yang dibuat denganmenggunakan visual basic 6.0. dengan hasil sebagai berikut :

sumber :