Pengertian Penelitian Korelasional

Pengertian Penelitian Korelasional

      Penelitian korelasi atau korelasional adalah suatu penelitian untuk mengethui hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa ada upaya untuk mempengaruhi vriabel tersebut sehingga tidak terdapat manipulasi variabel. Adanya hubungan dan tingkat variabel ini penting karena dengan mengetahui tingkat hubungan yang ada, peneliti akan dapat mengembangkannya sesuai dengan tujuan penelitian. Jenis penelitian ini biasanya melibatkan ukuran statistik/tingkat hubungan yang disebut dengan korelasi. Penelitian korelasional menggunakan instrumen untuk menentukan apakah, dan untuk tingkat apa, terdapat hubungan antara dua variabel atau lebih yang dapat dikuantifikasikan.

      Penelitian korelasi merupakan salah satu bagian penlitian ex-post facto karena biasanya peneliti tidak memanipulasi keadaan variabelyang ada dan langsung mencari keberadaan hubungan dan tingkat hubungan variabel yang direfleksikan dalam koefisien korelasi. Sedangkan menurut Fraenkel dan Wallen menyatakan bahwa penelitian korelasi termasuk kedalam penelitian deskriptif karena penelitian itu merupakan usaha menggambarkan kejadian yang sudah terjadi. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha menggambarkan kondisi sekarang dalam konteks kiantitatif yang direfleksikan dalam bentuk variabel.[1]

      Penelitian korelasional dilakukan dalam berbagai bidang, diantaranya : pendidikan, sosial, maupun ekonomi. Penelitian ini hanya terbatas pada penafsiran hubungan antar variabel saja tidak sampai pada hubungan kausalitas, tetapi penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk dijadikan penelitian selanjutnya seperti penelitian eksperimen. Penelitian korelasi memiliki tiga karakteristik penting untuk para peneliti yang hendak menggunakannya. Tiga karakteristik tersebut adalah sebagai berikut :

sumber :

https://solopellico3p.com/beli-mobil-bekas/