Pengertian makanan 4 sehat 5 sempurna

Pengertian makanan 4 sehat 5 sempurna

    Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah konsep makanan sehat yang dikampanyekan pemerintah sejak tahun 1955. Dalam konsep tersebut, makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mengandung 4 sumber nutrisi yaitu makanan pokok, lauk-pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan di sempurnakan dengan susu. Nasi merupakan sumber karbohidrat, lauk-pauk sebagai protein, sayuran sebagai mineral, buah-buahan sebagai vitamin dan mineral/kalsium sebagai air putih/susu.

I.II.  5 makanan 4 sehat 5 sempurna

     Ada 5 makanan sempurna dalam 4 sehat 5 sempurna yaitu

  1. Nasi

   Adalah sumber karbohidrat bagi tubuh manusia atau disebut juga dengan kandungan gizi pada nasi (beras), dan mengandung gula yang berfungsi menjadi sumber energi bagi tubuh.

Berikut kandungan dan manfaat beras (nasi) yaitu :

  1.  Kandungan gizi beras (nasi)

        Beras memiliki kandungan gizi antara lain :

  1.  Energi
  2. Karbohidrat
  3. Gula
  4. Serat pangan
  5. Lemak
  6. Protein
  7. Air
  8. Thiamine (Vit.B1)
  9. Riboflavin (Vit.B2)
  10. Niacin (Vit.B3)
  11. Pantothenic acid (B5)
  12. Vitamin B6
  13. Folate (Vit.B9)
  14. Calsium
  15. Iron
  16. Magnesium
  17. Maganese
  18. Phosphorus
  19. Potassium dan zinc
  20.    Manfaat beras (nasi) bagi tubuh manusia :
  1. Sumber energi yang hebat, yaitu nasi banyak mengandung karbohidrat yang bertindak sebagai bahan bakar bagi tubuh dan membantu dalam fungsi normal otak.
  2. Bebas kolesterol, yaitu nasi yang sangat baik bagi kesehatan dan tidak mengandung lemak yang berbahaya, yaitu kolesterol atau sodium. Nasi juga menjadi salah satu bagian dari diet yang seimbang.
  3. Kaya akan vitamin, yaitu nasi banyak mengandung vitamin dan mineral misanya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin.
  4. Banyak mengandung resistant starch, yaitu yang akan masuk ke dalam usus dalam bentuk yang belum dicerna. Itu akan membantu pertumbuhan bakteri-bakteri yang berguna di dalam usus.
  5. Mengurangi resiko tekanan darah tinggi, yaitu nasi tidak banyak mengandung sodium, dan dianggap sebagai makanan terbaik untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi dan hypertensi.
  6. Mencegah kanker
  7. Mengobati dysentery, yaitu untuk mengobati bagian kulit.
  8. Merawat kulit, yaitu untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit pada kulit.
  9. Mencegah Alzheimer’s Disease, yaitu untuk mencegah brown rice.
  10. Menguatkan jantung, yaitu untuk penguatan pada jantung.

Mencegah konstipasi, yaitu yang terdapat pada serat insoluble pada nasi yang akan bertindak sebagai sponge lembut yang mendorong makanan untuk melewati usus dengan mudah dan cepat.

 

POS-POS TERBARU