Panitera Pengganti

Table of Contents

Panitera Pengganti

Panitera Pengganti

Panitera Pengganti bertugas :

  • Membantu hakim dengan melakukan persiapan, mengikuti dan mencatat jalannya siding pengadilan
  • Membantu hakim dalam hal :

ü  Membuat penetapan hari sidang

ü  Membuat penetapan sita jaminan

ü  Membuat berita acara persidangan yang harus selesai sebelum sidang berikutnya

ü  Membuat penetapan-penetapan lainnya

ü  Mengetik putusan atau penetapan sidang

  • Melaporkan kepada Panitera Muda Gugatan atau Permohonan, pada Petugas Meja Kedua untuk dicatat dalam register perkara tentang adanya:

ü  Penundaan sidang serta alasan-alasannya

ü  Amar putusan sela (kalau ada)

ü  Perkara yang sudah putus beserta amar putusannya dan kepada kasir untuk diselesaikan tentang biaya-biaya dalam proses perkara tersebut.

  • Menyerahkan berkas perkara kepada Panitera Muda Gugatan atau Permohonan (Petugas Meja Ketiga) apabila telah selesai diminutasi.
  1. Sekretaris

Sama halnya dengan Pengadilan Negeri, di Pengadilan Agama juga ada Sekretariat yang dipimpin oleh seorang sekretaris dan dibantu oleh seorang Wakil Sekretaris dimana jabatan sekretaris dirangkap oleh panitera pengadilan. Dengan melihat pengaturan ini maka persyaratan untuk menjadi sekretaris adalah sama dengan persyaratan untuk menjadi panitera.

  1. Sekretaris

Sekretaris Pengadilan bertugas menyelenggarakan administrasi umum pengadilan. Tugas pokok dan fungsi sekretaris adalah sebagai berikut :

  • Berkoordinasi dengan Ketua Pengadilan Agama dalam merencanakan dan melaksanakan pelayanan teknis di bidang Administarsi Perkara, Administarsi umum dan administrasi lainya yang berkaitan dengan menyiapkan konsep rumusan kebijakan dalam menggerakan dan mengarahkan pelaksanaan tugas kegiatan Kepaniteraan dan Kesekretariatan dalam menyusun program kerja jangka panjang dan jangka pendek.

baca juga :