Panen dan Pasca Panen

Panen dan Pasca Panen

Pada umunya pemaneman udang dilakukan setelah pemeliharaan pada petak setelah 120 hari, dengan berat rata-rata 30-35 ekor/kg, jumlah penen perkolam yaitu 216 kg. Perlakuan dan teknis yang dilakukan sebelum pemaneman adalah pengapuran dengan dosis 100-200 kg/ha kedalam kolam yang lebih hitam khususnya dibagian sudut dan dipinggir. Hindari panen pada saat bulan penuh atau mati. Dua hari sebelum panen periksalah jika ada udang yang berganti kulit sekitar >10%, maka tundalah panen satu atau dua hari. Jangan tukar air atau kurangi tingkat air selama 3-4 hari sebelum panen untuk menjaga agar usus kosong dan meningkatkan ketahanan hidupnya.

Selesai proses panen (keringkan dan panen) dalam waktu 6-8 jam. Pemaneman dilakukan dlm jangka waktu jam 6 sore sampai jam 6 pagi, hindari memanen dan mengemas udang saat hari sedang panas. Untuk mempercepat panen gunakan pompa dan jaring kantung;.

Setelah pemaneman udang, kemudian dicuci dengan air bersih. Setelah mencuci udang hasil panen letakkan dalam larutan lebih dari 15 menit. Jika mungkin gunakan air yang layak minum untuk membuat larutan es. Ketika mencuci udang tidak boleh menggunakan bahan kimia ataupun pendingin tanpa pengetahuan cara pemakaiannya (Processor Knowledge). Selama panen menggunakan es yang berkualitas. Untuk pengiriman udang dimasukkan kedalam kotak-kotak yang berisi es pecah-pecah pada rasio 1:1 untuk perlindungan yang baik dan pastikan dasar kotak bersih sebelum kotak disusun serta jagalah kebersihan dalam pengepakan.

3.7  Saluran Pemasaran

Adapun saluran pemasaran yang digunakan petani tambak udang windu yaitu menggunakan dua saluran :

  1. Produsen                konsumen

Saluran pemasaran ini menunjukkan produsen langsung menjual udang windu kepada konsumen dengan harga Rp. 60.000/Kg.

  1. produsen                Pengumpul                Pengecer                Konsumen

Saluran ini petani tambak menjual udang windu kepada pedagang pengumpul dengan harga Rp. 50.000/Kg, pedagang pengumpul menjual kepada pedagang pengecer dengan harga Rp. 60.000/Kg dan pedagang pengecer menjual kembali kepada konsumen dengan harga Rp.    65.000/Kg.

sumber :

https://sonymusic.co.id/seva-mobil-bekas/