Menurut kesenangan berteman

 Menurut kesenangan berteman

       Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok siswa yang disusun atas keakraban antar siswa. Kelompok terdiri atas sejumlah siswa yang menurut mereka kawan-kawan dekat. Mereka duduk mengelilingi meja yang disusun berhadapan. Dalam pengelompokan ini setiap siswa mempelajari atau melakukan kegiatan yang sama.

  1. Menurut kemampuan.

       Untuk memudahkan pelayanan guru, siswa-siswa dikelompokan menjadi kelompok cerdas, sedang, menengah, dan kelompok siswa yang lambat dan pengelompokan ini dapat diubah sewaktu-waktu sejalan dengan perkembangan kemampuan individual siswa dalam mempelajari mata pelajaran.

  1. Menurut minat.

       Suatu ketika ada siswa yang senang menulis, menggambar, sementara siswa yang lain lagi senang ilmu social, ilmu alam, atau matematika. Para anak didik dikelompokan atas dasar kegiatan yang sama. Siswa yang melakukan aktivitas belajar yang sama, dikelompokan. Dalam hal ini guru mengamati tiap siswa disamping memberi dorongan untuk berpindah dari suatu kegiatan ke kegiatan yang lain.

       Perlu diketahui bahwa proses belajar yang bermakna adalah proses belajar yang melibatkan berbagai aktivitas para siswa. Untuk itu guru harus berupaya untuk mengaktifkan kegiatan belajar tersebut, misalnya melalui karyawisata, atau melalui seminar.

sumber :
https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/seva-mobil-bekas/