Menkominfo: Indonesia Akan Tambah Tiga Satelit

Menkominfo: Indonesia Akan Tambah Tiga Satelit

Menkominfo Indonesia Akan Tambah Tiga Satelit
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan Indonesia akan menambah tiga satelit hingga 2022 untuk meningkatkan jangkauan internet.
“Nanti setelah akhir 2022 itu kita ada satelit yang pertama, lalu nanti kita akan punya dua satelit lagi,” kata Rudiantara di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Senin (14/10).

Presiden Joko Widodo hari ini, meresmikan proyek Palapa Ring

di Istana Negara. Dalam peresmian ini dilakukan video konferensi dengan pejabat Pemda dari Merauke, Sorong, Rote, Penajam Paser Utara, dan Sabang.
“Jadi total ada 3 karena harus punya kapasitas besar, karena semua sekolah ada 90 ribu sekolah dari 214 ribu sekolah yang belum terhubung dengan internet, semua puskesmas di seluruh Indonesia, semua rumah sakit, semua kantor desa harus terkoneksi dengan kecepatan internet yang tinggi, bukan yang lemot,” tambah Rudiantara.
Menurut Rudiantara, total satelit tersebut bernilai sekitar Rp22 triliun.

“Total kewajiban pemerintah dalam Palapa Ring sekitar Rp22 triliun

, kurang lebih sama dengan satelit nanti 2022. Kita masih perlu 2 satelit lagi, jadi pemerintah masih bangun 4.000 BTS (Base Transceiver Station) lagi sampai 2020 dan diharapkan sudah istilahnya merdeka sinyal, dengan desa yang ada masyarakatnya itu bisa ‘di-cover’ oleh sinyal selular maupun akses internet,” tambah Rudiantara.
Untuk Palapa Ring sendiri, dikerjakan dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) atau public private partnership (PPP).

Pembiayaan yang diterapkan dengan skema availability payment

(AP), memungkinkan pemerintah memulai pembayaran penggantian modal yang ditanamkan investor setelah proyek beroperasi.