Melongok Hari Pertama UNBK SMP Di Purwakarta

Melongok Hari Pertama UNBK SMP Di Purwakarta

Melongok Hari Pertama UNBK SMP Di Purwakarta
Melongok Hari Pertama UNBK SMP Di Purwakarta

Senin, 23 April 2018 ini, hari pertama UNBK tingkat SMP digelar secara serentak. Begitu juga di Kabupaten Purwakarta, salah satunya di SMPN 7 Purwakarta.

354 pelajar kami hari ini melaksanakan UNBK,” kata Kepala SMPN 7 Purwakarta, Dedeh M Maemunah, kepada awak media.

Dedeh menjelaskan, UNBK yang baru kali pertama dilaksanakan oleh sekolahnya itu, terpaksa menginduk di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Purwakarta. Menurutnya, hal itu dikarenakan masih kurangnya sarana komputer.

“Kami pertama ingin mengadakan UNBK secara mandiri. Namun, sarana komputer yang kami punya hanya 30 komputer. Sedangkan dari hasil rapat bersama komite dan orangtua murid yang bersedia meminjamkan laptop/komputer hanya 14 orang. Padahal aturan untuk UNBK mandiri harus tersedia 120 komputer,” jelasnya.

Di sisi lain, dengan pelaksanaan UNBK menginduk di SMAN 3 Purwakarta, hal itu dinilai tidak memberatkan pelajarnya.

“Kami sudah memikirkan masak-masak soal pelaksanan UNBK di SMAN 3. Sebagian besar anak-anak SMP 7

berdomisili tidak jauh dari SMAN 3 dan memang sebelum UNBK, kami sudah sering melaksanakan simulasi UNBK sejak Februari di SMAN 3,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, dari 172 SMP/MTs di Kabupaten Purwakarta, hanya 48 sekolah yang akan melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sementara sisanya masih dengan metode Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Demikian disampaikan Kabid Dikdas pada Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Kusnandar. Menurutnya,

UN digelar mulai 23 hingga 26 April mendatang. “Sebanyak 7.732 siswa di 48 sekolah ujian berbasis komputer, dan sekitar 4.817 siswa di 124 sekolah masih ujian berbasis manual,” ujar Kabid.

Mengingat fasilitas untuk keberlangsungan program tahunan tersebut belum memadai secara maksimal. Dalam pelaksanaan UNBK yang akan dilaksanakan selama empat hari tersebut, tidak dilaksanakan secara mandiri, melainkan bekerasama dengan 7 Sekolah SMA/SMK Negeri di Purwakarta.

Selain itu, penyelenggaran UNBK ditahun ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang

hanya 4 Sekolah menyelenggarakan UNBK. “Tahun kedua, ada peningkatan penyelenggaraan UNBK, mudah-mudahan ditahun depan secara keseluruhan dapat digelar secara mandiri,” tuturnya

 

Baca Juga :