Manfaat Vitamin B9 (Asam Folat)

Manfaat Vitamin B9 (Asam Folat)Manfaat Vitamin B9 (Asam Folat)

Asam folat atau vitamin B9 berperan penting pada saat pembelahan dan pertumbuhan sel. Sehingga asam folat sangat baik bagi ibu hamil dan janinnya. Karena fungsinya sebagai pembentukan DNA, asam folat pun berperan penting dalam pertumbuhan jaringan tubuh. Ada keterkaitan antara asam folat dengan pembentukan jaringan tubuh yang telah rusak (seperti membantu atas kesembuhan jaringan saraf tulang belakang).

Manfaat Vitamin B9 (Asam Folat)

Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B9 antara lain adalah Bayam, Kentang, Buncis, Brokoli, Kubis, Kacang polong, Kacang hijau, Hati, Sereal, Asparagus. Berikut adalah beberapa manfaat Vitamin B9 (Asam Folat).

Mengoptimalkan Fungsi Otak

Saat otak mengalami gangguan, maka seseorang bisa menjadi depresi atau mengalami gangguan kognitif lainnya. Pada orang lanjut usia, asam folat berperan mencegah terjadinya kepikunan serta penurunan memori ingatan pada otak. Penelitian telah membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi asam folat setidaknya di usia 50 tahunan selama 3 tahun mampu mengimbangi mereka yang berusia 40 tahun dalam masalah ingatan pada sebuah tes di Belanda.

Mengobati stroke
Kandungan dalam vitamin B9 mampu menyembuhkan penyakit stroke. Oleh karena itu, untuk anda yang lagi terkena stroke, sangatlah disarankan untuk mengkonsumsi vitamin B9 ini. Kemudian nutrisi ini juga telah dipercaya dapat menghilangkan dan mencegah penyakit lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

Mengatasi Rasa Lelah
Kandungan vitamin B9 ini telah dipercaya mampu membantu anda dalam mengatasi dan menghilangkan rasa lelah ataupun capek di dalam tubuh anda. Tentu, hal ini nantinya bisa membantu anda dalam membantu dan memelihara pertumbuhan otot.

Mengobati Gangguan Mental Dan Emosional
Vitamin B9 dapat membantu untuk mengobati kecemasan dan depresi yang merupakan dua masalah kesehatan mental yang paling umum diderita orang saat ini

Meningkatkan Kuantitas Sperma
Untuk pria, manfaat dari asam folat adalah menambah jumlah atau volume sperma. Asam folat yang dikonsumsi oleh pria dapat meningkatkan jumlah atau kuantitas sperma sampai dengan 74 persen. Peningkatan jumlah atau kuantitas sperma ini berguna untuk meningkatkan peluang kehamilan seseorang. Hal itu dikarenakan dibutuhkan ribuan sel sperma untuk bisa membuahi sel telur. Jumlah sperma yang sedikit bisa menghasilkan sel sperma yang sedikit pula sehingga pembuahan akan minim terjadi.

Memproduksi Sel Darah Merah
Selain obat penambah darah ternyata asam folat juga mampu digunakan untuk memproduksi sel darah merah di dalam tubuh. Sel darah merah sangat penting bagi ibu hamil. Sebab Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan ibu hamil mengalami anemia.

 

Sumber: https://bengkelharga.com/facebook-ycab-kembali-adakan-literasi-digital/