Laskar Pelangi GSP Boyong Piala Bandung Marching Band Championship

Laskar Pelangi GSP Boyong Piala Bandung Marching Band Championship

Laskar Pelangi GSP Boyong Piala Bandung Marching Band Championship
Laskar Pelangi GSP Boyong Piala Bandung Marching Band Championship

Githa Swara Pajajaran (GSP) banggakan SDN Polisi 1 serta Kota Bogor dengan meraih juara di kompetisi Bandung Marching Band Championship (BMBC), Sabtu (20/10) di Bandung.

Ketua BMBC, Rahma Vita menjelaskan, GSP merupakan salah satu ekstrakurikuler SDN Polisi 1 bidang musik, yaitu drumband yang telah berdiri sejak 2010 lalu.

Vita, sapaan akrabnya mengatakan, kompetisi bertaraf nasional tersebut mempertemukan GSP dengan 20 marchingband lainnya se-Indonesia. “Mewakili Kota Bogor, kami satu-satunya sekolah di Kota Bogor, bahkan se-Bogor yang ikut serta,” bebernya kepada Radar Bogor.

Dalam ajang yang memperebutkan piala Kemenpora, Gubernur serta Walikota Bandung tersebut, tim GSP

membawakan tema laskar pelangi. Vita menyebutkan, tema tersebut ditunjukan dengan lagu-lagu yang dibawakan oleh tim. “Semuanya yang kami bawakan lagu-lagu soundtracknya Film Laskar Pelangi, ada tiga lagu,” kata Vita.

Arti tema yang mereka bawakan, lanjutnya, memberikan pesan bahwa Indonesia terdiri dari berbagai macam orang, dari agama, warna kulit dan sebagainya. “Seperti pelangi, berbagai macam warna, taapi tetap satu dan menjadi indah, bahkan. Nah, pesan ini yang kami berikan ke tema kami,” tegasnya.

Tidak hanya itu, semua atribut yang mereka tampilkan pun sangat erat dengan tema. Para penari yang juga

termasuk dalam satu tim GSP banyak membawa bendera berwarna cerah pelangi mengikuti nada lagunya.

Lucunya lagi, para penari terdiri dari anak-anak kelas 1 SD. “Jadi semua kelas terlibat. Dari kelas 1 hingga kelas 6 terlibat,” tambah Vita.

Latihan selama dua bulan penuh, dengan total durasi kurang lebih 68 jam, kata Vita, tak sia-sia. Mereka

memboyong lima piala sekaligus. Didampingi Kepala SDN Polisi 1, Radite, serta penanggungjawab tim, Jaenal Abidin dan Indriani Yuniar, serta koordinator, Djamaludin, mereka memboyong juara umum 2 Concert Divisi Junior. Juga memboyong juara 2 Musical Presentation, Entertainment serta Street Parade Divisi Junior dan juara 1 kategori Visual Colour Guard.

Kepala SDN Polisi 1, Radite menambahkan, bahwa piala dan kejuaraan yang dibawa anak-aank marching band GSP bisa menjadi motivasi untuk terus berkarya. “Juga motivasi yang lain untuk ikut berprestasi bidang apapun,” tandasnya.

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/