Laptop Terbaik untuk Pengeditan Foto

Laptop Terbaik untuk Pengeditan Foto

Laptop Terbaik untuk Pengeditan Foto
Laptop Terbaik untuk Pengeditan Foto

Fotografer terampil dan desainer grafis profesional tahu bahwa pekerjaan mereka belum selesai saat gambar diambil – membuat gambar menarik benar-benar memerlukan sekurang-kurangnya beberapa waktu di komputer dengan perangkat lunak pengeditan foto. Hampir tidak ada orang, termasuk fotografer amatir yang menggunakan smartphone mereka, menujukkan gambar ke dunia sepenuhnya tanpa diedit. Tetapi semua ada di tangan profesional kreatif perangkat lunak pengeditan. Ketidaksempurnaan yang merusak gambar dan kenyataannya dapat diperbaiki. Elemen unik dapat ditambahkan yang menyediakan kualitas tingkat atas yang mengubah cara orang bereaksi terhadap gambar seseorang, tempat, atau benda.

Apa pun sasaran Anda, perangkat lunak pengeditan foto paling canggih hanya dapat mencapai potensi kreatif penuh saat bekerja sama dengan perangkat keras yang sesuai. Banyak sekali perangkat lunak pengeditan yang tersedia, dan Anda harus mempertimbangkan sejumlah hal dalam memilih di antara banyak pilihan yang bagus itu. Dengan cara yang sama, pilihan perangkat keras telah jauh berkembang, memerlukan fotografer dan artis seni grafis untuk mempertimbangkan fungsionalitas dan kesan yang diingini saat memilih perangkat yang akan digunakan untuk mengedit.

Kompetisi Desktop dan Laptop Sirna

Bahkan orang-orang yang telah menggunakan perangkat lunak pengeditan foto untuk waktu yang relatif singkat mungkin ingat saat komputer desktop adalah satu-satunya pilihan bagi perajin serius. Meskipun demikian, saat ini model laptop baru meningkatkan kecepatan dan penyimpanan yang menandingi desktop canggih, cocok untuk mereka yang kerja pengeditannya harus dilakukan di lapangan, di beberapa lokasi, atau dibawa ke klien atau kolega.

Layar resolusi tinggi internal hingga Ultra HD 4K menghadirkan warna, kontras, dan detail yang memukau yang diinginkan editor foto. Singkatnya, laptop modern memiliki semua keunggulan pengeditan foto desktop canggih dalam paket ringan hanya seberat 3-4 pound.

Laptop Memberikan Kemampuan yang Lebih Besar Daripada Tablet

Saat komputer desktop menjadi kurang umum, laptop tampaknya bukan pilihan cerdas bagi para seniman grafis dan fotografer. Hal yang berbeda saat mempertimbangkan tablet. Sementara batas antara laptop dan tablet canggih tidak terlalu terlihat, ada beberapa pertimbangan penting untuk diingat ketika gambar berkualitas tinggi dan dampaknya tidak dapat dielakkan.

Untuk pemula, laptop lebih besar, dengan kapabilitas teknologi yang lebih besar bisa membuat tablet terasa terbatas dan rumit. Laptop memberikan keyboard ukuran penuh, kemampuan untuk menghubungkan ke hard drive eksternal dan pembakar disk, dan layar yang lebih besar dengan lebih banyak ruang untuk bilah kontrol dan menu perangkat lunak pengeditan.

Sementara semuanya bisa menjadi hal yang penting, kunci pembeda antara laptop dan tablet adalah kemampuan laptop untuk menjalankan versi penuh perangkat lunak pengeditan foto tingkat profesional seperti Adobe Photoshop*, Adobe Lightroom*, Corel PHOTO-PAINT*, atau program gratis populer seperti GIMP.

Bahkan tablet berkualitas tertinggi menyediakan kotak alat dengan fungsi pengeditan foto yang lebih kecil. Misalnya, sebagian besar perangkat seluler dibatasi untuk meninjau dan mengedit ringan file JPEG atau PNG. Sementara itu memadai untuk orang yang cukup menginginkan rekaman liburannya, orang kreatif tingkat tinggi akan terus menginginkan kerja dengan file RAW resolusi tinggi, yang memungkinkan mereka menyempurnakan detail gambar. Pengeditan gambar yang lebih menantang membutuhkan laptop yang mampu menggunakan perangkat lunak pengeditan foto yang lebih canggih, yang memungkinkan fotografer dan seniman grafis menjelajahi setiap sudut kreativitas.

Tidak Ada Lagi Perbedaan Antara Mac OSX atau Windows* 10

Hingga baru-baru ini, Mac yang menjalankan OSX dianggap sebagai pilihan default bagi siapa saja yang memerlukan tingkat tertinggi pengeditan foto. Kreator tidak akan ragu membayar harga premium untuk desain cantik, resolusi layar memukau, stabilitas tinggi, dan keamanan.

Meskipun Apple MacBook Pro* tetap menjadi pilihan aman untuk komputer pengeditan foto canggih, Windows* 10 telah menutup perbedaan itu secara signifikan. Pada titik harga yang jauh lebih rendah, sistem operasi ini menawarkan banyak kemampuan yang sama dengan Mac.

PC dan Mac keduanya menghadirkan laptop yang intuitif, andal, dan ramah pengguna, yang dapat menjalankan aplikasi utama seperti Adobe Creative Suite dan Microsoft* Office. Kedua perangkat dilengkapi prosesor Intel® Core™ yang mendukung kemampuan yang diperlukan perangkat lunak berkualitas tinggi. Dan keduanya menawarkan beragam konfigurasi, seperti MacBook Pro Air* dan 2 in 1 yang menjalankan Windows* 10.

Layar: Ukuran Itu Penting (Juga Resolusi)

Rekomendasi: 15 inci, 1920 x 1080p, sentuhan akhir matte
Layar laptop adalah kanvas kreatif dan panel kontrol untuk pengeditan foto.
Kreator yang menggunakan perangkat yang lebih kecil dapat menggunakan layar 13 inci kualitas tinggi seperti yang ditemukan pada MacBook Pro Retina dan konvertibel Microsoft Surface Pro*. Umumnya, layar 15 inci adalah ukuran minimal untuk orang-orang yang melakukan pengeditan foto berat pada perangkat yang lebih besar. Layar 17 inci mungkin tidak diperlukan, walaupun dapat meniadakan perlunya layar eksternal.

Apa pun ukuran layar, sentuhan akhir matte atau anti-kilap dapat mengurangi kelelahan mata dan gangguan visual.

Dalam hal resolusi, 1920 x 1080 piksel, yang memberikan definisi tinggi penuh, adalah titik awalnya, dan biasanya mencukupi kebutuhan minimal. Seniman grafis dan fotografer yang melakukan kerja berat biasanya akan memilih resolusi yang lebih tinggi — 2560 x 1600p, 3200 x 1800p, atau bahkan 4K Ultra HD.

Layar sentuh tidak sepenuhnya perlu dalam pengeditan foto. Namun, indikator ini bermanfaat untuk pencipta kreasi yang lebih memilih bekerja dengan stylus pada 2 in 1 konvertibel atau alas gambar periferal seperti Bamboo* yang populer dari Wacom.

Prosesor: Dapatkan Tenaga Sebanyak Mungkin

Perangkat lunak pengeditan foto memerlukan banyak tenaga komputasi. Prosesor diklasifikasikan dalam dua cara: berdasarkan jumlah inti (fisik atau virtual); dan frekuensi GHz (kecepatan clock).

Meskipun keduanya penting, inti merupakan cara terbaik untuk menghitung daya dan kapasitas kerja. Inti yang lebih banyak artinya lebih banyak daya, jadi bila kualitas gambar penting, lebih bijak untuk mendapatkan prosesor berperforma terbaik yang mampu Anda beli.

Kecepatan clock, meskipun bersifat sekunder, tidak boleh dikurangi. Pada dasarnya, semakin tinggi frekuensi clock, semakin baik chip bekerja. Pengeditan foto memerlukan prosesor dalam rentang 2,5 hingga 3,5 GHz atau yang lebih tinggi.

Kartu Grafis/GPU: Pemrosesan Lebih Cepat

Rekomendasi: Chip grafis terintegrasi untuk pengguna kasual, chip grafis khusus dengan 60 FPS (bingkai per detik) untuk pengguna mahir.

Prosesor grafis memindahkan kerja dari CPU utama, memberikan pemrosesan yang lebih cepat dan tampilan dengan kualitas lebih tinggi, sekaligus memungkinkan Anda memindahkan objek di sekitar ruang kerja pengeditan dengan lebih cepat.

Kartu dari produsen terkemuka seperti NVIDIA atau ATI menambahkan $60 hingga $200 untuk harga sistem. Model populer meliputi dasar NVIDIA GeForce GTX 950M dasar, GTX 960M mid-range, GT840M, dan GTX 980M tingkat tinggi.

Memori: Periksa Pekerjaan Anda
Rekomendasi: 8 GB untuk rata-rata penggunaan hiburan, 16 GB untuk pengguna mahir

Kreator memerlukan memori yang mencukupi untuk menjalankan program canggih pada kecepatan yang memadai. RAM, atau memori akses acak, memungkinkan file foto dijalankan dengan cepat dan beberapa perintah untuk dijalankan sekaligus tanpa macet-macet. Saat pengguna santai bisa mendapatkannya dengan 8 GB, seniman grafis profesional dan fotografer ahli biasanya memerlukan setidaknya 16 GB untuk mengatasi gangguan, tidak responsif, dan mati tak terduga.

Penyimpanan: Menghilangkan Kelambatan
Rekomendasi: 1 TB, 7200 RPM, Solid State Drive (SSD) 512 GB, hibrida dengan SSD setidaknya 128 GB

Penyimpanan yang tidak mencukupi mengakibatkan kelambatan I/O yang memperlambat pemrosesan, pengeditan, serta unggahan gambar. Pada saat yang sama, penyimpanan diperlukan untuk menangani ribuan gambar resolusi tinggi. File RAW dari satu pernikahan dapat dengan mudah mengisi 10 GB penyimpanan.

Hard Disk Drive (HDD), satu jenis penyimpanan, merupakan disk berputar konvensional. 1 TB hard drive bisa mendukung sistem operasi apa pun dengan nyaman, menyisakan setidaknya 700 GB untuk program dan data lain. Solid-State Drive (SSD), jenis penyimpanan lainnya, dibuat menggunakan chip. SSD memungkinkan aplikasi yang membutuhkan banyak memori dimuat dan dijalankan dengan jauh lebih cepat, dengan kecepatan membaca cepat sekitar 1400 MB/s dan kecepatan menulis 280+ MB/s.

Port dan Konektivitas: Jangan Kompromikan Diri Anda
Rekomendasi: Kartu dan slot SD, setidaknya tiga port USB 3.0 atau 3.1, Thunderbolt™ di Mac, pilihan output DisplayPort, HDMI, atau VGA

Aturan umumnya adalah mendapatkan sebanyak mungkin input dan output. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah memindahkan foto ke laptop, menyimpannya di drive penyimpanan eksternal, dan menyalinnya ke CD atau DVD. Banyak port juga akan memungkinkan Anda menambahkan monitor eksternal besar, tablet dan stylus, serta keyboard dan mouse ergonomis dengan mudah, yang dapat membuat sesi pengeditan panjang lebih nyaman.

Pilih Tingkat Kinerja Anda
Mulai pencarian Anda untuk laptop pengeditan foto yang sempurna.
Bagan ini mencantumkan pilihan baik, lebih baik, dan terbaik (menurut pendapat kami!) untuk CPU, GPU, dan SSD dalam berbagai level performa.

 

Performa Tinggi

BaikLebih baikTerbaik
CPU — Cache merupakan kumpulan data yang “lebih dekat” dengan CPU untuk akses yang lebih cepat dan kecepatan yang lebih tinggi. Carilah cache Level 3 (L3) untuk mendapatkan lebih banyak data yang bergerak dalam kecepatan tinggi.2,3 MHz

2 Inti

Cache 4 MB

 

3,1 MHz

4 Inti

Cache 6 MB

 

4,1 MHz

4 Inti

Cache 8 MB

 

GPU — Bertanggung jawab untuk memberikan Anda setiap detail, dalam segala resolusi, pada kecepatan bingkai tinggi (FPS) tanpa macet-macet.860 MHz

60 FPS

1,25 GHz

60 FPS

1,48 GHz

90 FPS

SSD — Penyimpanan dengan GB lebih tinggi berarti waktu transfer dan pemuatan yang lebih cepat.256 GB

 

500 GB

 

1 TB

Sumber: https://www.ram.co.id/