Konsep Dasar Sistem Informasi

Konsep Dasar Sistem Informasi

2.1.1 Definisi Sistem

Definisi sistem apabila di tinjau dari komponennya adalah kumpulan dari elemen-elemen yang terintegrasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Adapun definisi sistem menurut Jerry Fitz Gerald, sistem adalah “suatu program kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan tertentu”

2.1.2 Definisi Informasi

Pengertian Informasi pada umumnya adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberi bentuk lebih berarti dari suatu kejadian. Menurut Gordon B. Davis (2002 : 27) mengungkapkan : Informasi adalah “data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang”.

2.1.3 Definisi Sistem Informasi

Menurut Gordon B. Davis, sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan data yang mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi tertentu dengan laporan yang diperlukan. Selain itu sistem informasi mempunyai komponen yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai sasarannya. Komponen-komponen sistem informasi meliputi :

  1. a)Blok Masukkan (Input Block)

Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input termasuk metodemetode dan media untuk menangkap data yang dimasukkan yang dapat berupa dikumen-dokumen dasar.

  1. b)Blok Model (Model Block)

Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematika yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan dibasis data dengan cara tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

  1. c)Blok Keluaran (Output Block)

Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkat manajemen serta semua pemakai sistem.

  1. d)Blok Teknologi (Technology Block)

Teknologi merupakan kontak alat (tool-box) dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan sekaligus mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.

  1. e)Blok Database (database Block)

Database merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya

  1. f)Blok Kendali (Control Block)

Pengndalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila ada kesalahn-kesalahan dapat langsung cepat diatasi

  1. PEMBAHASAN

3.1 ANALISIS

3.1.1 Analisis Kelemahan Sistem

Dalam menganalisis permasalahan sistem ini , akan dilakukan sebuah analisis yang disebut dengan PIECES Analysis (performance, information, economy, control, eficiency and service). Analisis PIECES ini sangat penting untuk dilakukan sebelum mengembangkan sebuah sitem informasi karena dalam analisis ini biasanya akan ditemukan beberapa masalah utama maupun masalah yang bersifat gejala dari masalah utama.

  1. a)Analisis Kinerja (peformance)

Analisis kinerja ditujukan untuk mengetahui tingkat kinerja dari sebuah sistem apakah kinerja dari sistem tersebut telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan atau sudah mencapai sasaran yang diinginkan dan dipengaruhi oleh kinerja SDM juga. Kinerja dari sebuah sistem diukur berdasarkan jumlah produksi (troughput) dan tanggap waktu (respon time).

Kelemahan :

Dalam kasus optik RAHAYU ini, mempunyai permasalahan dimana dalam mengerjakan pencatatan laporan, pencatatan data, dan pencatatan segala laporan masih memerlukan waktu 1-2 hari dikarenakan proses pencarian dan pencatatanya yang dilakukan masih bersifat manual.

  1. b)Analisis Informasi (information)

Sebuah sistem informasi yang baik akan menghasilkan informasi akurat, relevan dan tepat waktu. Ketiga kriteria tersebut merupakan syarat dari sebuah informasi yang baik bagi sebuah perusahaan atau organisasi yang akan dijadikan sebagai dasar dari pengambilan keputusan. Sebuah informasi dapat berpengaruh dalam merencanakan langkah yang dilakukan oleh perusahaan selanjutnya dalam mengambil sebuah keputusan.

Kelemahan :

Dalam permasalahan optik ini sangat dibutuhkan sebuah informasi yang harusnya akurat, karena masih sering terjadi kesalahan dalam proses pencatatan data, informasi yang disajikan juga kurang tepat waktu karena sering terjadi keterlambatan dalam pencarian data, serta kurang akurat dalam pemberitahuan harga jual barang kepada customer. Kemungkinan keterlambatan dalam menyampaikan suatu informasi karena pencarian file (data) yang masih belum tertata dengan baik.

  1. c)Analisis Ekonomi (economic)

Analisis ekonomi adalah senantiasa berhubungan dengan keberadaan anggaran instansi atau biaya, analisis ekonomi bersifat mempelajari dan menerapkan tentang biaya dan manfaatnya. Faktor ekonomi merupakan faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Faktor ekonomi juga dapat mempengaruhi perkembangan dan kemajuan perusahaan itu sendiri.

Kelemahan :

Biaya-biaya yang dikeluarkan dan banyaknya tenaga kerja (karyawan) yang dibutuhkan sangat mempengaruhi. Pemborosan juga dalam alat tulis karena pencatatan data masih manual dan terjadi pengeluaran. Serta apabila pada bagian pendataan ingin mendapatkan aplikasi sistem informasi penjualan yang lebih baik dan mudah penggunaannya maka harus membeli perangkat lunak untuk aplikasi tersebut dengan harga yang mahal.

sumber :

https://bingo.co.id/strike-team-hydra-6-apk/