Kisah Hidup Iwan Fals

Kisah Hidup Iwan Fals

Kisah Hidup Iwan Fals
Kisah Hidup Iwan Fals

Pada bulan April tahun 1984 Iwan Fals harus berurusan dengan aparat keamanan dan sempat ditahan dan diinterogasi selama 2 minggu gara-gara menyanyikan lirik lagu Demokrasi Nasi dan Pola Sederhana juga Mbak Tini pada sebuah konser di Pekanbaru. Sejak kejadian itu, Iwan Fals dan keluarganya sering mendapatkan teror.Hanya segelintir fans fanatik Iwan Fals yang masih menyimpan rekaman lagu-lagu ini, dan sekarang menjadi koleksi yang sangat berharga.

Saat bergabung dengan kelompok SWAMI dan merilis album bertajuk SWAMI pada 1989

nama Iwan semakin meroket dengan mencetak hits Bento dan Bongkar yang sangat fenomenal. Perjalanan karier Iwan Fals terus menanjak ketika dia bergabung dengan Kantata Takwa pada 1990 yang didukung penuh oleh pengusaha Setiawan Djodi. Konser-konser Kantata Takwa saat itu sampai sekarang dianggap sebagai konser musik yang terbesar dan termegah sepanjang sejarah musik Indonesia.

Setelah kontrak dengan SWAMI

Yang menghasilkan dua album (SWAMI dan SWAMI II) berakhir, dan di sela Kantata (yang menghasilkan Kantata Takwa dan Kantata Samsara), Iwan Fals masih meluncurkan album-album solo maupun bersama kelompok seperti album Dalbo yang dikerjakan bersama sebagian mantan personil SWAMI.

Sejak meluncurnya album Suara Hati pada 2002

Iwan Fals telah memiliki kelompok musisi pengiring yang tetap dan selalu menyertai dalam setiap pengerjaan album maupun konser. Menariknya, dalam seluruh alat musik yang digunakan baik oleh Iwan fals maupun bandnya pada setiap penampilan di depan publik tidak pernah terlihat merek maupun logo. Seluruh identitas tersebut selalu ditutupi atau dihilangkan. Pada panggung yang menjadi dunianya, Iwan Fals tidak pernah mengizinkan ada logo atau tulisan sponsor terpampang untuk menjaga idealismenya yang tidak mau dianggap menjadi wakil dari produk tertentu.

Iwan memang legenda yang sederhana

Lewat lagu-lagunya, Ia berhasil menggambarkan suasana sosial kehidupan yang terjadi dengan bangsa ini. Kharismanya sangat besar dan sangat dipuja oleh kaum ‘akar rumput’. Tak jarang kesederhanaannya tersebut menjadi panutan para penggemarnya yang tersebar diseluruh nusantara.

Bahkan para penggemarnya mendirikan yayasan yang diberi nama Yayasan Orang Indonesia yang dikenal dengan Oi

Yayasan ini berdiri pada tanggal 16 Agustus 1999 dan banyak mempunyai kantor cabang. Dalam kehidupan pribadinya, Iwan menikah dengan Rosanna (Mbak Yos) dan mempunyai anak Galang Rambu Anarki (almarhum), Annisa Cikal Rambu Basae, dan Rayya Rambu Robbani.

Nah Sobat, demikian artikel tentang Sejarah Kisah Hidup Iwan Fals. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sobat semua.

Baca juga artikel: