Kewajiban Warga Negara

Kewajiban Warga Negara

Kewajiban Warga Negara

  1. Wajib menaati hukum dan pemerintahan. Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi :

segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan

dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.

  1. Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan  : setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.
  1. Wajib menghormati hak asasi manusia orang lain. Pasal 28J ayat 1 mengatakan : Setiap orang wajib menghormati hak asai manusia orang lain
  1. Wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang. Pasal 28J ayat 2 menyatakan : “Dalam menjalankan hak dan kebebasannya,setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis.”
  1. Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945. menyatakan: “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.”
  2. Pendidikan Kewarganegaraan

 

Undang –undang landasan pendidikan kewarganegaraan

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 37 menyatakan bahwa kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat tentang Pendidikan Kewarganegaraan, karena bertujuan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaandan cinta tanah air. Dengan telah dituangkannya Pendidikan.kewarganegaraan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, ini berarti bahwa pendidikan kewarganegaraan memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam pembentukan nation and character building.

  1. Kaitan Pendidikan kewarganegaraan dengan permasalahan Indonesia saat ini.

 

Pendidikan kewarganegaraan yang saat ini ada berlandaskan pada UU. No20 tahun 2003 yang bertujuan untuk membentuk peserta didik  menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Dengan memiliki hal tersebutut diharapkan peserta didik dapat menjadi generasi yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan – permasalahan yang terjadi di Indonesia, karena permasalahan – permasalahan tersebut merupakan penyimpangan penyimpangan nilai –nilai pancasila yang pasti bisa di perbaiki dengan menanamkan kembali nilai-nilai pancasila tersebut.

 

Macam-macam permasalahan Indonesia :

1. Kemiskinan

2. Korupsi

3. Penegakan Hukum yang Lemah

4. Kualitas Pendidikan yang Rendah

5. Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Buruk

6. Kasus SARA yang Merajalela

7. Kerusakan Lingkungan

8. Kesenjangan Sosial

9. Kemacetan

10. Pengangguran

11. Banyak Daerah yang Kurang Diperhatikan

12. Fasilitas Kesehatan yang Kurang dan Mahal

13. Masalah Keamanan

14. Narkoba dan Rokok

16. Perilaku Konsumtif

17. Pelanggaran Hak Cipta

sumber :

Dream Treats – Match Sweets 2.4.5 Apk + Mod for android