Keterkaitan Sosialisasi Politik dengan Penanaman Norma

Keterkaitan Sosialisasi Politik dengan Penanaman Norma

Setiap individu menjadi anggota dari satu atau lebih kelompok sosial di dalam masyarakat dan menjalankan peranannya sesuai dengan kedudukan dalam kelompoknya. Dalam proses sosialisasi, ia mengembangkan kepribadian melalui interaksi dengan setiap individu di dalam kelompokkelompok tersebut. Jadi, kelompok merupakan media sosialisasi dalam membentuk kepribadian seseorang. Kelompok inilah yang melaksanakan proses sosialisasi. Dalam sosiologi, kelompok ini dinamakan agen sosialisasi. Agen-agen inilah yang berperan dalam penanaman norma di masyarakat.

Contoh sosialisasi politik dapat dilihat dari beberapa cara yang dilakukan beberapa partai poltik, diantaranya yaitu :

  1.             Sosialisasi melalui iklan di televisi

                       

Ini adalah salah satu bentuk sosialisasi politik yaitu melalui iklan di televisi yang dilakukan Partai Hanura dalam menyampaikan penanaman norma yang akan dijalankannya yaitu pemerintahan yang bersih, peduli, dan tegas.

Ini adalah salah satu bentuk sosialisasi politik yaitu melalui iklan di televisi yang dilakukan Partai Golkar.

Ini adalah salah satu bentuk sosialisasi politik yaitu melalui iklan di televisi yang dilakukan Partai NasDem dalam mensosialisasikan penanaman norma yang akan dilakukannya yaitu gerakan perubahan.

  1.             Sosialisasi melalui kuis di televisi

Ini adalah bentuk lain sosialisasi yang dilakukan Partai Hanura yaitu melalui kuis di televisi. Pada kuis ini jelas sekali tergambar bahwa ini merupakan sebuah bentuk kampanye terselubung yang berisi berupa kuis settingan. Settingan disini sebagai salah satu contohnya adalah sebuah pengalaman saya ketika menonton kuis ini yang pesertanya  langsung menyebutkan jawabannya sebelum pertanyaannya disebutkan oleh pembawa acara kuis tersebut. Selain itu, bukti bahwa ini merupakan kampanye adalah dari nama kuis itu sendiri yaitu WIN-HT yang merupakan nama dari Wiranto-Hary Tanoe (pasangan kandidat calon presiden-calon wakil presiden).

sumber :
https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/seva-mobil-bekas/