Kesimpulan

Table of Contents

Kesimpulan

Zina menurut bahasa dan istilah syara’ mempunyai pengertian yang sama yaitu persetubuhan yang dilakukan seorang laki-laki dan perempuan dan kemaluan depannya tanpa didasari dengan tali kepemilikan dan syubhat kepemilikan.

Ada dua jenis jenis jarimah zina, yaitu zina muhsan dan zina ghairu muhsan. Zina muhsan ialah zina yang pelakunya berstatus suami, istri, duda, atau janda. Artinya pelaku adalah orang yang masih dalam status pernikahan atau pernah menikah secara sah. Adapun zina ghairu muhsan ialah zina yang pelakunya masih berstatus perjaka atau gadis. Artinya, pelaku  belum pernah menikah secara sah dan tidak sedang berada dalam ikatan pernikahan.

Secara etimoligis, qadazf berasal dari kata قذف-يقذف-قذفا  yang oleh Luis Ma’luf jika dihubungkan dengan kalimat قَذَفَ بِقَولِهِ  berarti تَكَمَّلَ مِنْ غَيْرِ تَدَبُّرٍ وَلاَ تَأَمُّلٍ  berbicara mengawur tanpa pemikiran terlebih dahulu. Qadzaf secara bahasa juga berarti الرمي  menuduh,melempar dengan batu atau benda-benda lain.

Qadzaf adalah menuduh seorang muhsan (dewasa, berakal sehat, merdeka, beagama islam, dan orang baik-baik) melakukan zina. Kalau penuduh ternyata tidak mendatangkan empat orang saksi maka ia dicampuk sebanyak delapan puluh kali.

  1. Saran

Demikian makalah yang ditulis pemakalah. Disini pemakalah meminta saran dan kritik untuk memperaiki penulisan makalah agar tidak terjadi kesalah yang sama untuk kedua kalinya. Sekian pemakalah yang bisa sampaikan dan pemakalah ucapkan terima kasih.

baca juga :