Kebon Binatang Bandung Harus Dipertahankan Keberadaannya

Kebon Binatang Bandung Harus Dipertahankan Keberadaannya

Kebon Binatang Bandung Harus Dipertahankan Keberadaannya
Kebon Binatang Bandung Harus Dipertahankan Keberadaannya

BANDUNG-Balai Besar Konservasi Jawa Barat atau BBKSDA Jawa Barat mengharapkan keberadaan Kebon Binatang di Kota Bandung tetap dipertahankan keberadaannya.

Kepala BBKSDA Jabar, Sustyo Iriono mengatakan, keberadaan Kebon Binatang di suatu daerah atau kota sangat membantu dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak khususnya dan masyarakat pada umumnya.

“Saya harapkan keberadaan Kebon Binatang Bandung ini dipertahankan termasuk fungsi-fungsi lain sebagai fungsi untuk pendidikan, tapi bagaimana kita permanen bisa mendidik masyarakat pengenalan satwa,” ucapnya.

Sustyo mengharapkan, dengan dikelola oleh manajemen yang baru, keberadaan Kebon Binatang Bandung ini bisa lebih baik, mulai dari infrastruktur, kesejahteraan satwa serta Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kebetulan manajemen ini sudah sehatkan, harapan kami semua infrastruktur, kesejahteraan satwa, SDM

sudah baik lah,” kata Sustyo, disela-sela diskusi bertema “Pembahasan Hasil Studi Populasi dan Habitat Macan Tutul Jawa dan Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar Suaka Margasatwa Gunung Sawal, Ciamis”, di Aula Gedung Kesenian Kebon Binatang Bandung, Selasa (25/04).

 

BANDUNG-Pembina Yayasan Taman Margasatwa Bandung, Tony Sumampau menyatakan, pihaknya akan melakukan berbagai perbaikan tidak hanya infrastruktur pendukung di dalam Kebon Binatang tetapi juga penataan manajemen pengelolaan Kebon Binatang.

“Kami masuk dalam manajemen, khususnya dalam pengelolaan satwa termasuk kebocoran-kebocoran,”

ucap Tony, disela-sela diskusi bertema “Pembahasan Hasil Studi Populasi dan Habitat Macan Tutul Jawa dan Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar Suaka Margasatwa Gunung Sawal, Ciamis”, di Aula Gedung Kesenian Kebon Binatang Bandung, Selasa (25/04).

Menurut Tony, dalam waktu 3 bulan kedepan ini ada beberapa sarana yang saat ini krusial untuk segera dibangun, diantaranya kandang Harimau Sumatera, kandang beruang baik yang ada di dalam maupun di luar.

“Saya harap, saat libur Lebaran nanti, Kebon Binatang Bandung ini sudah lebih baik dan nyaman untuk dikunjungi masyarakat yang akan mengisi liburannya di Kebon Binatang,” katanya.

Tony mengaku, perbaikan manajemen Kebon Binatang dilakukan setelah sebelumnya ada permintaan dari

pengelola Yayasan Taman Margasatwa Bandung serta dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Kami diminta untuk mendukung manajemennya Kebon Binatang, mereka sangat mengharapkan kami masuk didalam pengelolaan,” ujarnya. (

Sumber :

https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/10974-pengertian-jenis-dan-struktur-jaringan-hewan