Kebiasaan ( Habit)

Kebiasaan ( Habit)

Defenisi : dalam banyak situasi tingkah laku moral diuntungkan oleh habit. Orang yang memiliki karakter yang baik, sebagaimana ditunjukkan woliam Bennett, “bertindak benar, setia, berani, simpati, dan adil tanpa banyak tergoda oleh hal yang sebaliknya”.

Pengalaman belajar: anak-anak membutuhkan, sebagai bagian dari pendidikan moral mereka, banyak kesempatan untuk mengembangkan kebiasaan yang baik, banyak praktik menjadi orang yang baik. Mereka melakukan hal yang baik oleh kebiasaan.

Hasil belajar: kebiaasaan dalam hal tertentu. Biasa sopan-santun tertentu. Biasa menolong. Biasa adil.

Pendekatan Komprehensif untuk pendidikan nilai dan karakter. Lickona menyarankan suatu pendekatan pendidikan karakter yang komprehensif, melibatkan berbagai komponen terkait dan berbagai latar ( setting). Pendekatan ini didefinisikan oleh ide-ide besar berikut:

  1. Sepanjang sejarah dan di seluruh dunia, pendidikan memiliki dua tujuan besar; membantu orang-orang menjadi cerdas dan membantu mereka menjadi baik.
  2. “Baik” dapat didefenisikan dalam bentuk nilai-nilai moral yang memiliki kemanfaatan objektif –nilai-nilai yang mengakui martabat manusia.
  3. Dua nilai moral membentuk inti dari suatu moralitas public yang dapat diajarkan: respect and responsibility
  4. Penghargaan berarti menunjukkan rasa hormat terhadap nilai seseoeang atau sesuatu.
  5. Mendidik penghargaan dan pertanggungjawaban membuat hal-hal ini menjadi nilai operatif kehidupan. Karakter terdiri dari:
  • Pengetahuan moral( kesadaran moral, mengetahui nilai-nilai moral, melihat dengan sudut pandang orang lain, penaran moral, pembuatan putusan dan pengetahuan diri).
  • Perasaan Moral( hati Nurani, harga diri, empati, mencintai kebaikan, control diri, dan rendah hati.
  • Tindakan Moral ( Kompetensi, keinginan dan kebiasaan)
  1. Dihadapkan dengan struktur social yang memburuk, sekolah-sekolah yang berharap membangun karakter harus menyediakan pendekatan yang komprehensif, yang merangkul banyak hal strategi menuju nilai penghidupan penghargaan Dan pertanggungjawaban dalam hal karakter siswa.

sumber :

http://blog.dinamika.ac.id/arya/2020/06/06/kinemaster-pro/