Karena mengumpulkan (للجمع)

Karena mengumpulkan (للجمع)

Yaitu seseorang mengumpulkan dua perempuan yang masih memiliki hubungan nasab, seperti: mengumpulkan istri dengan ibunya dalam satu ikatan pernikahan, istri dengan saudari ibu, istri dengan saudari bapak, istri dengan saudarinya.[5] Karena Allah telah berfirman dalam Al-Qur’an surat An-nisa 23

وَأَنْ تَجْمَعُوا بَيْنَ الأخْتَيْنِ إِلا مَا قَدْ سَلَفَ

Artinya: dan menghimpunkan (dalam perkawinan) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau

Serta hadits Nabi:

لاتنكح المرأة على عمتها ولا العمة على بنت أخيها ولا المرأة على خالتها ولا الخالة على بنت أختها لا الكبرى على الصغرى ولا الصغرى على الكبرى (رواه الترمذي وقال حسن صحيح)

Tidak boleh menikahkan perempuan atas saudari ayahnya, paman atas putri saudaranya, perempuan atas saudari ibunya, saudari ibu atas putri saudarinya, paman atas keponakannya dan keponakan atas pamannya. (HR. al-Turmudzi).

  1. Karena sebab dalam akad (لسبب في العقد)

ü  Tukar  menukar anak (نكاح الشغار)[6]

Yaitu seseorang menikahkan putrinya dengan orang lain serta dirinya menikah dengan anak dari orang tersebut, dan maskawinnya berupa harta dan kehormatan keduanya. Seperti dalam akadnya mengatakan:

زوجتك بنتي على أن تزوجني بنتك وبضع كل منهما صداق الأخرى “فيقبل ذلك”

Saya akan menikahkan putriku dengan kamu asalkan kamu menikahkan putrimu denganku, sedangkan maskawinnya adalah masing-masing kehormatan keduanya.

Hal ini tidak diperbolehkan karena sebab akadnya, yaitu menyebut mahar berupa kehormatan atau salah satu kehormatan keduanya, seandainya kedua belah pihak tidak mengatakan apa-apa mengenai maharnya (mahar kehormatan) niscaya keduanya harus membayar mahar masing-masing, dan pernikahannya tetap sah. Rasulullah bersabda:

عن ابن عمر أن رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى عن الشغار . والشغار أن تزوج الرجل ابنته على أن تزوجه الأخر ابنته ليس بينهما صداق (صحيح البخاري)

Dari ibn Umar bahwasanya Nabi SAW. Telah melarang nikah Syighar. Syighar adalah seorang laki-laki menikahkan putrinya atas orang lain harus menikahkan dirinya dengan putrinya yang diantara keduanya tidak membayar maskawin.

Sumber :

https://obatpenyakitherpes.id/teka-teki-di-android-terbaru/