KAIN SONGKET DALAM TRADISI

KAIN SONGKET DALAM TRADISI

KAIN SONGKET DALAM TRADISI

Pada zaman ini

kain songket paling banyak digunakan dalam upacara adat, misalnya pakaian pengantin. Banyak usaha yang telah dilakukan untuk mempromosikan songket sebagai bahan pakaian yang populer, baik di dalam maupun di luar negeri. Saat zaman penjajahan, songket dari Sumatera Barat telah dipamerkan di Belanda.

Banyak juga pameran yang telah digelar dengan tujuan untuk mempertahankan dan mempromosikan seni tradisional pembuatan songket, seperti pameran songket yang digelar tahun 2015 oleh Museum Tekstil Jakarta. Acara ini memamerkan sekitar 100 karya songket dari berbagai provinsi di Indonesia.

Ada juga Sawahlunto Songket Carnival yang digelar di Sawahlunto, Sumatera Barat pada bulan Agustus 2015. karnival ini menampilkan parade dan pameran dengan peserta berbagai studi pembuatan maupun pengrajin songket tradisional di seluruh Sumatera Barat.

Karnival yang digelar tanggal 28 Agustus 2015 ini juga berhasil membuat rekor MURI pengguna songket terbanyak dalam satu waktu, karena pada acara ini 17.290 orang menggunakan songket Silungkang secara bersamaan.

Saat Ini, songket telah menjadi sumber inspirasi bagi desainer busana kontemporer. Banyak seniman muda Indonesia yang menyadari keindahan kain songket sehingga mereka mengaplikasikannya ke berbagai karya mereka.


Sumber: https://mvagusta.co.id/ultimate-background-eraser-apk/