JENIS-JENIS PENCEMARAN TANAH

JENIS-JENIS PENCEMARAN TANAH

JENIS-JENIS PENCEMARAN TANAH

  • PENCEMARAN YANG DIAKIBATKAN LIMBAH DOMESTIK

Jenis perusakan yang satu ini adalah pencemaran yang diakibatkan oleh limbah domestik. Pencemaran ini diakibatkan oleh kegiatan harian seseorang dalam pekerjaan di rumah tangganya.

Berbagai kegiatan manusia menghasilkan limbah domestik seperti didalam sektor perdagangan, industri, bahkan di pariwisata sekalipun itu.

Contoh pencemaran limbah domestik yang ada didalam negeri yaitu seperti: plastik,kertas,serta air deterjen.

Mengapa itu menjadi penyebab terjadinya limbah domestik?? Iya karena ketika anda sedang berbelanja ke pasar dan disana anda akan mendapati banyak sekali sampah plastik dan sisa sayuran yang terbengkalai.

Dan misalnya itu diendap lama kelamaan dibiarkan saja maka plastik-plastik itu akan mencemari dan menciptakan tanah menjadi tercemar. Limbah domestik ini sendiri terbagi menjadi 2 yaitu : limbah domestik padat dan cair.

Limbah domestik padat meliputi: plastik, kaca, botol. Sedangkan limbah domestik cair yaitu : deterjen, sabun mandi, oli, cat air, minyak bekas, dll.

  • PENCEMARAN YANG DIAKIBATKAN LIMBAH PABRIK

Jenis limbah pabrik ini adalah pencemaran yang diakibatkan oleh pabrik-pabrik yang membuat sampah-sampah nya sembarangan.

Pencemaran yang dihasilkan oleh limbah pabrik intensitasnya tidak sedikit karena warga negara indonesia tegah mentrasformasi menjadi tenaga industri dan tidak sedikit pabrik yang sudah dibangun di indonesia ini, baik itu yang kecil maupun rumahan.

Limbah ini sangat membahayakan dari pada limbah yang pertama. Sebab jumlah yang dilemparkan lebih besar dan kandungan bahan kimianya lebih banyak dan lebih keras.

Limbah pabrik sendiri terpecah menjadi 2 yaitu: limbah padat dan limbah cair. Limbah padat seperti : berbentuk lumpur atau bisa juga disebut bubur.

Sementara limbah cair sendiri berbentuk air yang sudah tercampur dengan bahan-bahan yang berbahaya (kimia) sampai  – sampai warnanya tidak bening lagi dan berbubah menjadi keruh.

Limbah ini mengakibatkan tanah menjadi gersang dan tidak subur sehingga untuk menanam saja itu susah sekali karena tanah nya terlalu banyak menyerap bahan – bahan kimia tersebut.

  • PENCEMARAN YANG DIAKIBATKAN OLEH LIMBAH PERTANIAN

Limbah ini juga termasuk kedalam pencemaran tanah.  Iya karena dibandingkan dengan kedua limbah yang diatas. Limbah ini jumlah nya sangat sedikit, karena yang kita tahu bahwa di pedesaan lebih sedikit sawahnya ketimbang pabrik nya.

Pertanian ini sumber usaha mereka dan tidak jarang kali melibatkan obat-obatan atau pupuk untuk menjadikan tanaman tersebut menjadi subur, mengandung dan bebas dari jangkauan hama.

Tapi dibalik itu tumbuhan ini akan subur tapi tanah yang menjadi pijakannya pun subur? Secara teori memang benar pupuk tersebut bisa menyuburkan tanah dan menciptakan tanaman menjadi lebih berkualitas namun urusan tersebut hanya berlaku guna pupuk alami saja.

Sekarang bisa kita liat sendiri siapa yang memang benar – benar bertahan melakukan pertanaman dengan cara menggunakan pupuk alami atau pupuk buatan ? tentu saja kita pasti sudah tau jawabannya, pasti yang akan bertahan lama yaitu menanam dengan menggunakan pupuk alami.

Bisa kita ibaratakan melalui dari 100 orang yang melakukannya. Semua telah berpindah ke pupuk alami, sebab efeknya yaitu praktis dan lebih ampuh dibandingkan dengan pupuk kimia.


Sumber: https://homtasuwa.net/cooking-chef-master-apk/