ITB Lakukan KKN Tematik di Garut

ITB Lakukan KKN Tematik di Garut

ITB Lakukan KKN Tematik di Garut
ITB Lakukan KKN Tematik di Garut

BANDUNG-Peresmian Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Institut Teknologi Bandung (ITB) 2016 di Desa

Mekarwangi Kecamatan Talegong Kabupaten Garut, merupakan acara puncak sekaligus sebagai penutup rangkaian kegiatan KKN Tematik ITB 2016.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Bermawi P. Iskandar mengatakan, KKN Tematik merupakan mata kuliah pilihan 2 SKS yang diselenggarakan di ITB.

“Mata kuliah ini menggabungkan materi tentang kemasyarakatan dan aplikasi teknologi yang berkaitan

dengan empat kebutuhan dasar manusia, yaitu terkait air, infrastruktur, energi, dan pendidikan,” ucapnya.

Menurut Bermawi, KKN Tematik ITB yang dilaksanakan bekerja sama dengan Sekolah Calon Perwira AD, merupakan momen untuk menyerahkan pemanfaatan program yang dibangun dari pihak ITB kepada masyarakat.

“Secara garis besar kegiatan KKN-T ITB dibagi menjadi 3 kegiatan utama yaitu sebelum, saat, dan setelah KKN-T ITB. KKN-T ITB merupakan tahap persiapan peserta sebelum eksekusi program di lapangan,” katanya.

Bermawi menyatakan, tahap ini terdiri atas pembekalan materi-materi yang diperlukan di masyarakat

melalui kegiatan perkuliahan, diantaranya adalah materi kemasyarakatan, social mapping, Rural Appraisal, Sociopreneur, mitigasi bencana, medik, management design dan kepemimpinan.

Bermawi menambahkan, pada tahap sebelum eksekusi KKN-T ITB, di desa tujuan dilakukan perancangan program-program pembangunan, baik itu program fisik ataupun sosial.

“Program fisik merupakan program yang menghasilkan bangunan fisik yang bermanfaat bagi masyarakat, sedangkan program sosial merupakan program yang diharapkan mampu meningkatkan softskill warga”, tuturnya.

 

Sumber :

http://forum.detik.com/respirasi-aerob-t2044978.html