ISI PERJANJIAN GIYANTI

ISI PERJANJIAN GIYANTI

ISI PERJANJIAN GIYANTI

Adapun setelah adanya pertemuan

perundingan hingga muncullah Perjanjian Giyanti yang ditulis dalam naskah ini pada beberapa abad yang lalu. Beberapa isinya adalah :

  1. Pangeran Mangkubumi akhirnya diangkat menjadi Sultan Hamengku Buwono Senopati Ingalaga Ngabdurrahman Sayidin Panotogomo Kalifattullah. Hal ini di atas separuh dari Kerajaan Mataram, yang telah diberikan kepada beliau yaitu dengan hak turun temurun kepada pewarisnya. Dalam hal ini, yang dimaksud adalah Pangeran Adipati Anom Bendoro Raden Mas Sundoro.
  2. Diadakanya kerjasama yang terjadi antara rakyat yang ada pada kekuasaan Kompeni dengan rakyat yang ada pada Kasultanan.
  3. Sebelum Pepatih Dalem dan para Bupati melakukan tugas yang diemban masing-masing, harus dilakukan sumpah setia terlebih dahulu kepada Kompeni di tangan Gubernur. Intinya yakni seorang patih dari kedua kerajaan tersebut harus konsultasi kepada Belanda sebelum pihak Belanda akhirnya menyetujuinya.
  4. Dalam pengangkatan dan pemberhentian Pepatih Dalem serta Bupati Sri Sultan, hal ini harus mendapatkan persetujuan dari Kompeni. Intinya pasal ini adalah Sri Sultan tidak mempunyai kuasa penuh atas berhenti atau berlanjutnya patih dalem karena semua keputusan berada di tangan Dewan Hindia Belanda.
  5. Sri Sultan dapat mengampuni Bupati pada selama peperangan lebih memihak Kompeni.
  6. Sri Sultan tidak dapat menuntut apapun atas pulau Madura dan daerah pesisiran. Hal ini karena telah diserahkan oleh Sri Sunan Paku Buwono II kepada Kompeni pada tanggal 18 Mei 1746 dalam Contract-nya. Maka dari itu, Kompeni memberikan ganti rugi kepada Sri Sultan 10.000 real pertahunya.
  7. Sri Sultan pun harus memberi bantuan kepada Sri Sunan Paku Buwono III jika sewatu diperlukan.
  8. Sri Sultan harus berjanji menjual seluruh bahan-bahan makanan dengan harga tertentu kepada Kompeni.
  9. Sri Sultan pun harus janji dalam beberapa hal, misalnya mentaati segala macam perjanjian yang sudah pernah diadakan oleh raja-raja Mataram sebelumnya dengan Kompeni, khususnya perjanjian-perjanjian dengan nomor 1705, lalu 1733, dan perjanjian 1743, kemudian nomor 1746, dan 1749.

PENJELASAN PERJANJIAN GIYANTI

Perjanjian Giyanti yang terjadi pada tahun 1755 tersebut memiliki beberapa poin yang menjurus kepada keuntungan. Inti dari perjanjian tersebut adalah penyerahan setengah wilayah Mataram dari Kasunanan Surakarta kepada Pangeran Mangkubumi. Namun, untuk poin-poin lainnya dalam perundingan Giyanti itu sangat menguntungkan VOC.

Poin-poin yang dinilai sangat menguntungkan untuk VOC adalah :

  1. Setelah menjadi sultan, Pangeran Mangkubumi tidak memiliki wewenang sama sekali dalam mengangkat serta memecat para bupati dan pepatih dalem. Hal ini maksudnya yang setara dengan perdana menteri selaku pelaksana pemerintahan, tanpa persetujuan VOC. Sementara untuk para bupati dan pepatih dalem, sebelumnya mereka harus bersumpah setia di hadapan pejabat VOC sebelum melaksanakan tugas-tugasnya.
  2. Tidak berhenti di situ, Sultan pun dituntut untuk selalu bekerjasama dengan VOC ini. Namun, jika nantinya terjadi perang dan ada pihak-pihak dari bupati yang memilih bekerja sama dengan VOC, maka sultan harus mengampuninya. Sultan pun wajib memberikan bantuan apabila sewaktu-waktu dari pihak Pakubuwana III dari Surakarta memintanya.
  3. Poin yang merugikan lainnya adalah, Perjanjian Giyanti juga menyebutkan bahwa Sultan tidak berhak meminta Madura serta daerah-daerah pesisir yang telah dikuasai VOC. Sebagai gantinya, VOC akan memberikan uang ganti rugi sebesar 10.000 real setiap tahunnya.
  4. Dari sektor perdaganganpun dikuasai oleh VOC. VOC meminta diberikan kekuasaan atas monopoli perdagangan, yakni Sultan hanya menjual bahan pangan kepada VOC dengan harga yang disepakati nantinya. Jelas ini merugikan masyarakat dan membuat untuk pihak VOC.
  5. Kemudian yang terakhir, Sultan harus berjanji akan menaati seluruh perjanjian yang pernah diadakan antara penguasa Mataram terdahulu dengan VOC.

Sumber: https://muliasmartdetox.co.id/2020/04/24/root-call-blocker-pro-apk/