Ilmu –Ilmu Yang Tumbuh Dan Berkembang Pada Masa Daulah Abbasiyah

Ilmu –Ilmu Yang Tumbuh Dan Berkembang Pada Masa Daulah Abbasiyah

  1. Ilmu Agama
  2. Ilmu Tafsir

Tumbuh dan berkembangnya ilmu tafsir pada abad ke-3 hijriyah dalam rangka memenuhi kebutuhan hal dasar yang mendesak untuk memahami arti dari ayat – ayat al-quran sebagai akibat dari semakin banyaknya pemeluk islam bukan arab.

  1. Ilmu Hadits

Beberapa karya besar yang terkenal dalam ilmu hadits adalah  shahih al-bukhari, shahih al-muslim, sunan ibnu majjah, sunan abu daud dan lain sebagainya.

  1. Ilmu Qira’at

Ilmu ini lahir karena perbedaan bacaan antara orang arab dan orang non arab. Tokoh yang terkenal pada ilmu ini adalah nafi’, ibnu kasir, ashim hamzah dan lain lain.

  1. Ilmu Kalam

Munculnya ilmu ini mempunyai kaitan erat dengan masuknya bangsa – bangsa yang telah beradaptasi denagn islam mereka menuntut menjelaskan akidah islamiyah, tidak cukup dengan dasar – dasar logika dan pemikiran filsafat saja.

  1. Ilmu Fiqih

Munculnya ilmu ini sehubungan dengan timbulnya berbagai masalah dikalangan umat islam pada abad ke-2 hijriyah jarak antara lahirnya islam dengan daulah abbasiyah cukup jauh dalam hal ini diperlukan adanya kepastian dalam hal syara’ sehubungan dengan masalh – masalh  yang timbul pada saat itu.

Masa – masa selanjutnya menunjukan betapa berkembangnya ilmu fiqih tersebut dengan munculnya beberapa tokoh yang masyhur yakni imam abu hanifah, imam malik, imam syafii dan lain lain.

  1. Ilmu Tasawuf

mereka para ahli tasawuf ini menyampingkan kehidupan duniawi, hidup dalam kesederhanaa, karena dengan demikian mereka akan merasa lebih dekat dengan tuhan.tokoh yang tekenal pada ilmu tasawuf ini adalah abu hasyim al kufi dan imam al ghazali.

 

https://okabawes.co.id/mastergear-apk/