Hipotesis Penelitian

 Hipotesis Penelitian

         Hipotesis penelitian merupakan jawaban sementara, berdasarkan kerangka konseptual yang dikemukakan di atas, maka dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut :
1.             Di duga kualitas produk listrik prabayar berpengaruh postif dalam mencapai kepuasan pelanggan pada PT PLN (persero) Rayon Kuranji.
2.             Di duga kinerja karyawan berpengaruh  positif terhadap kepuasan pelanggan pada PT PLN (persero) Area Padang Rayon Kuranji.
3.             Di duga kualitas produk listrik prabayar dan kinerja karyawan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pada PT PLN (persero) Area Padang Rayon Kuranji.
Metodologi Penelitian
1.       Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian asosiatif kausal. Menurut Umar (2003 : 30) penelitian asosiatif kausal adalah “penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara satu variabel dengan variable lainya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain”.

2.      Populasi Penelitian dan Sampel Penelitian

a)      Populasi
            Nawawi dalam Riduan (2008:54) menyatakan “populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin , baik hasil menghitung ataupun pengukuran kuantitatif maupun kualitatif pada karakteristik tertentu mengenai sejumlah objek yang lengkap”. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PT PLN (Persero) Rayon Kuranji  yang menggunakan listrik prabayar.
b)     Sampel
               Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability dengan menggunakan teknik accidental sampling(convenience sampling). Menurut Santoso dan Tjiptono (2001:89-90) Accidental sampling (Covenience sampling) adalah prosedur sampling yang memilih sampel dari orang atau unit yang mudah dijumpai atau diakses.
Untuk menentukan berapa jumlah sampel yang diambil, digunakan rumus Slovin (Umar,1997;78) dimana :
sumber :