Hindari Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Reproduksi

Untuk menjaga sistem reproduksi Anda sehat, sangat penting untuk menjalani gaya hidup sehat yang meliputi makanan bergizi dan olahraga teratur. Setiap komplikasi yang timbul dalam sistem reproduksi akan menyebabkan organ reproduksi rusak, ketidakseimbangan hormon, kesuburan dan kesulitan kehamilan. Jika kesehatan Anda terganggu karena pilihan gaya hidup dan makanan maka akan berimbas pula pada sistem reproduksi yang terganggu. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari rencanakan kehamilan dalam rentan waktu dekat berdekatan dengan persalinan.
Dalam rangka untuk menjaga sistem reproduksi Anda berfungsi secara optimal, hindari makanan ini untuk menjaga kesehatan reproduksi :
1.  Kafein
Kandungan kafein dapat menjadi penurunan kesuburan, stimulan ini dapat mengganggu kesuburan Anda ketika dikonsumsi dalam jumlah besar setiap harinya. Hal ini juga dapat meningkatkan tingkat kecemasan yang selanjutnya dapat mempengaruhi proses konsepsi. Oleh karena itu, usahakan untuk membatasi konsumsi kopi, soda, teh berkafein dan coklat.

2.  Gula

Gula tidak hanya bisa menyebabkan obesitas akan tetapi juga tidak baik untuk sistem reproduksi anda. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih akan mempengaruhi gula darah dan tingkat energi. Untuk memastikan kesehatan reproduksi anda sehat, anda dapat meninggalkan konsumsi junk food dan konsumsi gula yang berlebih. Sebaiknya anda mulai membiasakan hidup sehat dengan mengurangi pemakaian pemanis buatan.
3.  Alkohol
Secera keseluruhan alkohol tidak baik untuk kesehatan begitu juga untuk sistem reproduksi. Alkohol dapat menyebabkan hilangnya kesempatan hamil sebanyak 50% dari wanita normal lainnya. Begitu juga dengan pasangan anda yang mengkonsumsi alkohol maka kesuburannya akan terganggu karena alkohol berperan dalam kualitas dan jumlah sperma. Alkohol akan bersifat menggangu kesehatan janin anda beberapa kasus menemukan anak yang lahir prematur dan cacat dari wanita yang mengkonsumsi alkohol.
4.  Karbohidrat tertentu
Kesuburan dipengaruhi oleh asupan makanan sehingga untuk anda yang ingin cepat-cepat memiliki anak maka anda dapat memilih karbohidrat kompleks ketimbang karbohidrat lainnya. Karbohidrat kompleks bisa didapat dari jenis serat dan biji bijian. Bagi anda yang ingin cepat hamil dapat meningkatkan konsumsi beras merah dan roti gandum. Karbohidrat yang bersifat cepat dicerna seperti nasi putih dan kentang dapat mempengaruhi gula darah secara cepat sehingga kurang baik dalam kesehatan reproduksi anda.
5.  Makanan Olahan mengandung lemak trans
Sebuah studi menunjukan adanya hubungan antara konsumsi lemak trans dengn kesuburan dikarenakan adanya resiko endometriosis. Endometriosis ditandai dengan adanya pertumbuhan sel endometrium di luar rahim. Lemak trans merupakan minyak yang berupa cairan yang padat dari proses hidrogenesi yaitu proses pengubahan asam lemak tidak jenuh menjadi lemak yang berbahaya. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan reproduksi termasuk kesuburan maka hindari makanan olahan yang mengandung lemak trans. Junk food adalah salah satu makanan yang menyumbang lemak trans terbesar untuk tubuh anda. Konsumsi makanan dengan kandungan lemak tidak jenuh yang umumnya berasal dari nabati.
sumber :