Fitur dan Keunggulan DingTalk Lite yang Dapat Digunakan WFH

Fitur dan Keunggulan DingTalk Lite yang Dapat Digunakan WFH

 

Fitur dan Keunggulan DingTalk Lite yang Dapat Digunakan WFH
Fitur dan Keunggulan DingTalk Lite yang Dapat Digunakan WFH

DingTalk merupakan aplikasi yang berguna untuk berkomunikasi serta berkolaborasi. Saat ini DingTalk telah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan di dunia karena kebijakan kerja dari rumah (work from home) saat pandemi COVID-19.

Alibaba mengungkapkan bahwa DingTalk telah digunakan sekitar 10 juta perusahaan dan 120 juta siswa di seluruh Cina saat pandemi ini berlangsung.

“Dengan meningkatnya permintaan akan bekerja dan belanja jarak jauh, akibat pandemi COVID-19, kami berharap dapat memanfaatkan teknologi terkemuka Alibaba untuk mendukung sebanyak mungkin bisnis dan sekolah agar dapat terus beroperasiā€ ucap CTO Ding Talk, Hugo Zhu, dalam keterangan tertulis seperti dilansir Antara (Kamis, 16 April 2020).

Saat ini, Dingtalk telah merilis aplikasi versi kecilnya yaitu Dingtalk Lite. Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil perihal ukuran storage, bukan berarti aplikasi ini menjadi bekerja tidak optimal.

Dilansir Antara, DingTalk Lite memiliki keunggulan serta fitur yang cukup mumpuni, antara lain:

Video konferensi

Komunikasi antar pengguna dapat berjalan lancar jika adanya komunikasi dua arah, dengan DingTalk Lite antar pengguna dapat tetap berkomunikasi secara langsung melalui video konferensi yang dapat diikuti sebanyak 302 orang partisipan dalam waktu yang bersamaan.

Siaran langsung (live broadcast)

Apabila dibutuhkan paparan secara satu arah adanya fitur siaran langsung dapat digunakan dan

diikuti oleh 1000 orang.

Fitur chat, berbagi foto dan video

DingTalk Lite juga memberikan layanan secara personal dengan fitur chat antar pengguna, selain itu pengguna juga dapat membagikan foto serta video.

Memiliki tampilan dalam beberapa bahasa

DingTalk Lite yang merupakan aplikasi berasal dari Asia memberikan tampilan dalam 3 bahasa yaitu Jepang, Inggris dan Cina tradisional. Dengan pilihan beberapa bahasa akan mempermudah pengguna dari beberapa negara.

Penerjemah bahasa berbasis AI

Aplikasi ini memiliki pangsa pasar yang cukup luas, karena itulah aplikasi ini dibekali dengan penerjemah berbasis AI dari dan ke 14 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Berbagi layar dan file

Untuk memudahkan dan mengoptimalkan komunikasi antar pengguna. Aplikasi ini memberikan fitur

berbagi layar serta file, yang mana antar pengguna dapat membagikan tampilan pada layar pengguna.

Mode beauty

Tak mau kalah seperti fitur media sosial lainnya, DingTalk Lite juga memberikan fitur mode beauty yang akan memberikan tekstur kulit menjadi lebih halus.

Video dapat direkam serta diputar kembali

Fitur ini bermanfaat untuk merekam konferensi yang tengah berlangsung agar video dapat diputar kembali dan dibagikan ke grup yang lain.

DingTalk merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Alibaba grup sejak 2014, hingga akhirnya pada 2020 Alibaba merilis DingTalk Lite. Sebelum menggunakan DingTalk pengguna harus membuat akun menggunakan alamat email ataupun nomor handphone.

Sistem kerja dari Dingtalk Lite adalah mengelompokkan dan menampilkan pengguna berdasarkan

badan organisasi, sehingga memudahkan untuk mencari anggota lain dalam suatu organisasi yang sama.

Baca Juga: