FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN INTELEK KOGNITIF

  FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN INTELEK KOGNITIFFAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN INTELEK KOGNITIF

  1. Faktor Hereditas

        Semenjak dalam kandungan ,anak telah memiliki sifat-sifat yang menentukan daya kerja intelektualnya.secara potensial anak telah membawa kemungkinan,apakah akan  menjadi kemampuan berfikir setaraf normal,di atas normal,atau di bawah normal.Namun, potensi tidak akan berkembang  atau terwujud secara optimal apbila lingkungan tidak member kesempatan untuk berkembang . oleh karena itu ,peranan lingkungan sangat menentukan perkembangan intelektual anak.

  1. Faktor  lingkungan

        Ada dua unsur lingkungan yang sangat penting peranannya dalam memengaruhi perkembangan intelek anak ,yaitu keluarga dan sekolah

  1. Keluarga

Intervensi yang paling penting dilakukan oleh keluarga atau orang tua adalah memberikan pengalaman kepada anak dalam berbagai bidang kehidupan sehingga anak memiliki informasi yang banyak yang merupakan alat bagi anak untuk berfikir.Cara-cara yang digunakan ,misalnya memberikan kesempatan kepada anak untuk merealisasi ide-idenya ,menghargai ide-ide tersebut ,memuaskan dorongan keingintahuan anak dengan jalan seperti ini menyediakan bacaan ,alat-alat keterampilan ,dan alat-alat yang dapat mengembangkan daya kreativitas anak.Memberi kesempatan atau pengalaman tersebut akan menuntut perhatian orang tua.

  1. Sekolah

Sekolah adalah lembaga formal yang diberi tanggung jawab untuk meningkatkan perkembangan anak termasuk perkembangan berfikir anak .Dalam hal ini ,guru hendaknya menyadari bahwa perkembangan perkembangan intelektual anak terletak di tangannya.Beberapa cara di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menciptakan interaksi atau hubungan yang akrab dengan peserta didik.
  2. Memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk berdialog dengan orang-orang yang ahli dan berpengalaman dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan ,sangat menunjang perkembangan intelektual anak.
  3. Menjaga dan meningkatkan pertumbuhan fisik anak,baik melalui kegiatan olahraga maupun menyediakan gizi yang cukup, sangat penting bagi perkembangan berfikir peserta didik.
  4. Meningkatkan kemampuan berbahasa peserta  pendidik ,baik melalui media cetak maupun dengan menyediakan situasi yang memungkinkan para peserta didik berpendapat  atau mengemukakan ide-idenya .Sumber :

    https://advertorial.co.id/bppt-tingkatkan-kemampuan-kapal-riset-baruna-jaya-i/