Eskpansi fiskal dalam Negeri pada Perekonomian Terbuka Kecil

Eskpansi fiskal dalam Negeri pada Perekonomian Terbuka Kecil

Eskpansi fiskal dalam Negeri pada Perekonomian Terbuka Kecil

Kebijakan fiskal dalam negeri pertama-tama, perhatikanlah apa yang terjadi pada perekonomian terbuka kecil jika pemerintah menambah pengeluaran domestik dengan meningkatkan belanja pemerintah. Kenaikan dalam G mengurangi tabungan Nasional, Karena S = Y – C – G . dengan tingkat bunga Rill dunia yang tidak berubah, investasi hatus dibiayai dengan meminjam dari luar negeri. Karena NX = S – I , maka penurunan S akan menurunkan NX, perekonomian sekarang mengalami defisit perdagangan.

Logika yang sama juga berlaku untuk penurunan Pajak.pemotongan pajak akan mengurangi T meningkatkan perdangan Disposibel Y – T , mendorong konsumsi dan mengurangi tabungan Nasional. (meskipun sebagian besar dari pemotongan pajak berubah menjadi tabungan swasta, namun jumlah tabungan publik menurun sebesar jumlah pemotongan pajak : secara total, tabungan menurun.) karena NX = S – I, maka pengurangan tabungan Nasional akan mengurangi NX.

  1. Eskpansi Fiskal Luar Negeri Pada Perekonomian Terbuka Kecil

Kebijakan fiskal luar negeri perhatikanlah apa yang terjadi pada perekonomian terbuka kecil ketika negara lain meningkatkan belanja pemerintahannya. Jika negara lain ini adalah bagian kecil dari perekonomian dunia maka perubahan fiskal tidak terlalu berpengaruh pada Negara-Negara lainnya. Namun jika negara lain ini merupakan bagian besar dari perekonomian Dunia, kenaikan belanja pemerintahannya akan mengurangi tabungan dunia. Penurunan tabungan dunia akan menyebabkan tingkat bunga dunia naik, seperti yang kita lihat di model perekonomian tertutup.

Kenaikan tngakat bunga dunia akan meningkatka biaya untuk berutang dan, dengan demikian, mengurangi investasi dalam perekonmian terbuka kecil. Karena tidak ada perubahan dalam tabungan domestik, maka tabungan S sekarang melebihi investasi I, penurunan I juga harus meningkatkan NX. Jadi, mengurangi tabungan luar negeri dapat menyebabkan surplus perdagangan dalam negeri.

  1. Pergeseran Kurva Investasi Pada Perekonomian Terbuka Kecil

Pergeseran ke kanan pada kurva investasi dari I(r)ke  I(r)meningkatkan jumlah investasi pada tingkat bunga dunia r*.  Akibatnya, investasi melebihi tabungan I > S, yang berarti perekonomian meminjam dari luar negeri dan mengalami defisit perdagangan.

baca juga :