Ekonomi Perencanaan Terpusat

Ekonomi Perencanaan TerpusatEkonomi Perencanaan Terpusat

Sistem ekonomi terpusat suatu negara adalah suatu sistem di mana suatu lahan, pabrik dan sumber daya ekonomi lain dimiliki oleh Pemerintah. Pemerintah membuat hampir semua keputusan yang berhubungan dengan ekonomi  termasuk siapa yang memproduksi apa, dan harga dari produk, tenaga kerja dan modal.  Perencanaan terpusat menetapkan agen produksi bertujuan untuk  produksi pabrik dan unit produksi lainnya dan bahkan memutuskan harga. Di dalam ikatan petani  Soviet yang terdahulu, sebagai contoh, pejabat komunis yang menentukan harga  untuk bahan pokok seperti susu, roti, telor dan barang-barang pokok lainnya. Tujuan akhir adalah mencapai suatu cakupan luas dari politis, sosial dan sasaran  ekonomi dengan mengambil kendali penuh atas kelebihan produksi dan distribusi dan sumberdayabangsa.

a. Asal Mula Ekonomi Perencanaan Terpusat

Perencanaan terpusat berakar dari ideologi bahwa kesejahteraan kelompok lebih penting dibanding kesejahteraan individu. Sama halnya sebuah kultur yang berorientasi pada kepentingan kelompok di atas kepentingan individu, suatu sistem ekonomi terpusat bekerja keras untuk mencapai persamaan ekonomi. Ahli filsafat Jerman, Karl Marx mempopulerkan gagasan untuk perencanaan ekonomi terpusat sejak abad ke sembilan belas. Gagasan Marx’s adalah suatu reaksi terhadap kesukaran atau penderitaan yang ia saksikan dari pekerja Eropa selama Revolousi industri. Marx berargumentasi bahwa ekonomi tidak bisa direformasi tetapi yang harus di gulingkan dan digantikan dengan sistem “komunis” yang lebih adil.

Perbedaan versi dari gagasan Marxs mulai diterapkan pada abad ke dua puluh berdasarkan atas pertolongan terhadap pergolakan kekejaman. Revolusi dan perubahan secara total (lihat Bab 3) ekonomi dan sistem politik di Rusia pada tahun 1917, Negara China dan Negara Korea Utara akhir tahun 1940, dan Cuba pada tahun 1959. Sejak tahun 1970-an, perencanaan terpusat merupakan hukum  ekonomi di dalam negera Eropa tengah dan timur (Negera Cekoslovakia, Hungary, Poland, Yugoslavia, Ro-Mania, Bulgaria, Albania, Negara Jerman Timur),  negara Asia (China, Vietnam, Negara Korea Utara dan Kamboja), Afrika
(Angola dan Mozambique) dan Amerika Latin (Cuba dan Nicaragua).

POS-POS TERBARU