Edisi Teks dan Kritik Teks

Edisi Teks dan Kritik Teks

Edisi Teks dan Kritik Teks

Edisi Teks  atau sering dikenal dengan istilah suntingan teks adalah (upaya) menyusun suatu teks secara utuh setelah dilakukan pemurnian teks ke dalam suatu bahasa. Pengertian  dari  pemurnian teks sendiri adalah upaya untuk menentukan salah satu teks yeng akan dipakai sebagai dasar translitasi naskah berdasarkan penelitian teks dengan suatu kritik teks. Adapun metode kritik teks meliputi perbandingan naskah untuk mengelompokan varian-varian yang ada dan merekonstruksi garis penurunan naskah (memilih suatu naskah untuk di translitasi).

Adapun langkah awal dari suatu penelitian teks adalah menginventarisasi naskah, yang langkah kerja ini dilaksanakan dengan juga membuat deskripsi naskah dan aparat kritik. adapun intventarisasi naskah dapat dilakukan setelah diketahui sejumlah naskah yang dimaksut dari suatu katalog naskah. Upaya memperoleh naskah kecuali dapat dilkukan dengan peruntutan ke dalam naskah katalogus naskah, dapat juga ke suatu badan atau perorangan yang diketahui memiliki naskah tersebut.

Pengembangan Penelitian Filoligi

Dalam penylengaraan pembahasan di tingkat intrnasional, disiplin ilmu filologi sering dikaitkan dengan bidang sastra, atau dengan kata lain pembahasan itu tidak begitu mempermasalahkan perbedaaan antara kajian filologi dengan kajian sastra, dan kajian bidang filologi sering dimasukan ke dalam kajian bidang sastra. Karena kajian yang bersifat filologis dengan melalui suatu edisi kritis dapat dikembangkan ke dalam bentuk kajian yang lain dengan mengunakan metode literer. Hal ini dapat dipahami setelah diketahui terlebih dahulu mengenai ruang lingkup pengembangan penelitian filologi. Dengan begitu para ahli filologi terbuka peluang untuk memahami ilmu lain yang relevan.

baca juga :