Doa Keluar Masjid Beserta Terjemahannya

Doa Keluar Masjid Beserta Terjemahannya

Doa Keluar Masjid Beserta Terjemahannya

Setalah melaksanakan sholat berjamaah di masjid maupun setelah melakukan ibadan di dalam masjid .Pada saat kita akan keluar masjid hendaknya kita melangkahkan kaki kiri untuk keluar masjid sedangkan untuk masuk masjid dengan kaki kanan. Hal ini sebagaimana hadits dibawah ini :

Dari Aisyah radhiallahu anha dia berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِي تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِي شَأْنِهِ كُلِّهِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam suka memulai dari sebelah kanan saat mengenakan sandal, menyisir rambut, bersuci, & dalam seluruh aktifitas beliau.”
(HR. Al-Bukhari no. 5926 & Muslim no. 268)

Para ulama mengatakan

semua kegiatan yang baik, dianjurkan mendahulukan bagian tubuh yang kanan. Termasuk ketika masuk masjid hendaknya mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu dan saat keluar masjid mendahulukan kaki kiri.

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, mengatakan,

من السنة إذا دخلت المسجد أن تبدأ برجلك اليمنى، وإذا خرجت أن تبدأ برجلك اليسرى

“Termasuk ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika anda masuk masjid, anda mendahulukan kaki kanan dan ketika keluar anda mendahulukan kaki kiri.”
(HR. Hakim, beliau shahihkan dan disetujui Ad-Dzahabi)

Baca Juga: nama bayi perempuan islam

Doa keluar masjid

Lalu bagaimana doa saat keluar masjid ?

Doa keluar masjid adalah dengan mengucapkan lafal

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ
Allahumma inni as-aluka min fadhlika
Artinya : “Ya Allah, aku meminta kurnia-Mu”

Hal ini sebagaimana hadits dari Abu Humaid atau dari Abu Usaid dia berkata:
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلْ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلْ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ
“Jika salah seorang di antara kalian masuk masjid, maka hendaknya dia membaca, “Allahummaftahli abwaaba rahmatika” (Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu). Dan apabila keluar, hendaknya dia mengucapkan, “Allahumma inni as-aluka min fadhlika (Ya Allah, aku meminta kurnia-Mu).”
(HR. Muslim. 713)

Semoga setelah kita mengetahui tatacara keluar masjid dan bacaan keluar masjid, kita bisa mengamalkan bacaan keluar masjid di atas setiap kita keluar dari masjid .

Wallahu’ a’lam bishshawab,