Definisi maupun pengertian Gerakan Padri

Definisi maupun pengertian Gerakan Padri

Definisi maupun pengertian Gerakan Padri

Definisi maupun pengertian Gerakan Padri secara singkat merupakan suatu gerakan yang berkembang pada tahun hingga 1838 di daerah Minang Kabau dan memiliki tujuan untuk mengembangkan ajaran Islam yang berlawanan dengan praktik-praktik tradisional setempat pada waktu itu.

Tujuan gerakan Padri

tersebut adalah memperbaiki masyarakat Minangkabau dan mengembalikan mereka agar sesuai dengan ajaran Islam yang murni yang berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist. Gerakan ini mendapat sambutan baik di kalangan ulama, tetapi mendapat pertentangan dari kaum adat. (Mawarti, Djoened PNN, 1984:169).

Selain itu juga ada yang berpendapat bahwa disebut gerakan Padri karena para pemimpin gerakan ini adalah orang Padari, yaitu orang-orang yang berasal dari Pedir yang telah naik haji ke Mekah melalui pelabuhan Aceh yaitu Pedir.

Istilah padri

tidak mendapatkan pengertian yang jelas bagi orang Minangkabau sendiri karena istilah Padri sendiri sebenarnya bukan berasal dari terminologi Minangkabau dan dalam literatur-literatur tradisional Minangkabau juga tidak ditemukan penggunaan istilah tersebut. Satu sumber menyatakan bahwa padri berasal dari bahasa Portugis yang berarti bapak yakni sebutan yang ditujukan kepada pendeta.

Baca juga: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/03/teks-proklamasi.html

Christine Dobbin

sebagaimana dikutip oleh Sjafnir (Nain, 1988:25), menyebutkan bahwa istilah padri berasal dari kata Pedir yakni nama sebuah pelabuhan (syahbandar) di pesisir utara Aceh tempat transitnya calon-calon jama’ah haji Indonesia sebelum berangkat ke Mekkah. Menurut Schrieke– Padri adalah istilah yang dilekatkan kepada golongan ulama atau golongan agama pada awal-awal abad ke-19 di Minangkabau (Schiereke,1973:12). Dalam literatur tradisional Minangkabau hanya terdapat istilah kaum putih dan kaum hitam. Istilah kaum putih adalah sebutan yang digunakan untuk kaum agama, sedangkan kaum hitam digunakan untuk menyebut kaum adat. Istilah Padri dalam tulisan ini mengikut kepada pendapat Schrieke.