CMS TOKO ONLINE

CMS TOKO ONLINE

CMS TOKO ONLINE
CMS TOKO ONLINE

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini semakin canggih sehingga kita bisa melakukan penjualan produk secara online dengan berbagai kemudahan. Penjualan secara online dapat dilakukan dengan berbagai fasilitas-fasilitas yang ada di internet atau menggunakan suatu software atau aplikasi berbasis web.

Fasilitas-fasilitas yang ada di internet tersebut adalah jejaring sosial, forum jual beli atau blog, sedangkan bila menggunakan software atau aplikasi adalah CMS. CMS merupakan akronim dari Content Management System yaitu perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Manfaat dari penggunaan CMS yaitu:

Ada beberapa CMS yang memang dikhususkan untuk toko online yaitu wordpress, prestashop, opencart, cubecart, magento, zen cart, os commerce, VirtueMart, store prite, vp-asp, shopsite, cs cart, merchandizer, ecrater, volusion, 1shoppingcart, storefront, agora cart, awd commerce, k ecommerce, avactis, big cartel, foxycart, x-cart, intersprire, 3dcart dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. WordPress

WordPress memiliki salah satu kelebihan yang unik yaitu dapat diintegrasikan dengan berbagai macam plugin. Plugin adalah fasilitas tambahan untuk wordpress yang memiliki kegunaan atau fungsi tertentu. Beberapa plugin tersebut ada yang mendukung untuk keperluan toko online seperti plugin WP-eCommerce, YAK for wordpress, dan e-shop. Beberapa plugin tersebut sangat direkomendasikan karena sangat populer dan sering digunakan untuk keperluan toko online.

  1. Prestashop

Prestashop merupakan CMS free sofware jadi kita bisa download, instal dan menggunakannya secara gratis. selain itu prestashop bisa dikatakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan manajemen toko online dengan disertai fitur fitur web 2.0 seperti dynamic ajax dan memiliki tampilan yang sangat elegan.

  1. Cubecart

Aplikasi ini sudah tersedia gratis dalam 1 paket e-commerce termasuk didalamnya fitur-fitur yang mendukung kegiatan jual beli seperti display produk, shopping cart, proses checkout, dan halaman administrasi.

  1. Magento

Dalam aplikasi ini, dukungan template sangat terasa untuk menampilkan produk-produk toko online kita. Sehinga kita bisa lebih leluasa dalam mendesain toko online kita dengan mudah. Selain itu juga didukung fasilitas SEO, sehingga toko online kita akan dengan mudah tampil di halaman pertama google. Magento bisa dikatakan sangat fleksibel karena kita bisa mengelola lebih dari 1 web.

Baca juga artikel: