Career Days 2018 Beri Motivasi Siswa Untuk Terus Berkompetisi

Career Days 2018 Beri Motivasi Siswa Untuk Terus Berkompetisi

Career Days 2018 Beri Motivasi Siswa Untuk Terus Berkompetisi
Career Days 2018 Beri Motivasi Siswa Untuk Terus Berkompetisi

Berakhirnya masa pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 untuk tingkat SMK dimanfaatkan oleh para peserta didik SMKN 3 Bandung, dengan mengikuti kegiatan Career Days 2018 guna memfasilitasi para siswa kelas 12 memilih melanjutkan jenjang pendidikan dan karirnya ke tahap yang lebih tinggi.

Ketua Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Dodin Rusmin Nuryadin membuka acara Career Days 2018 dengan tema Ready To Go ASEAN Community (AEC). Acara ini dilaksanakan selama tiga hari tanggal 17 sampai 19 April 2018 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Bandung, Jalan Solontongan, Kota Bandung.

Kepala Bidang Pembinaan SMK menghimbau kepada seluruh siswa-siswi yang sedang menunggu

pengumuman kelulusan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan mengikuti kegiatan positif salah satunya adalah program Career Days yang diadakan oleh SMKN 3 Bandung ini. ”Calon lulusan sudah harus serius mengikuti Career Days yang sudah terselenggara di banyak SMK. Siswa dapat berfokus dengan memilih kemana melanjutkan karir. Sekarang kan murid kelas 12 sudah tidak ada kegiatan belajar mengajar, nah harus dimanfaatin dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Salah satunya mengikuti kegiatan Career Days 2018 saat ini,” ujarnya saat ditemui Zetizen Jabar Ekspres di Aula SMKN 3 Bandung, Selasa (17/4) lalu.

Dodin meyakinkan bahwa kini banyak perusahaan-perusahaan yang siap menerima lulusan SMK. Selain itu, banyak sekali penawaran-penawaran dari perguruan tinggi untuk para siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya. Ia berencana memberikan beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi yang melanjutkan ke perguruan tinggi.

Dengan diadakannya Career Days ini, sekitar 60 persen lulusan SMK dapat ditempatkan pada perusahaan

yang telah bekerja sama dengan sekolah. ”Semoga kalian sukses, lulus dari SMK, dan tentu nanti dapat sukses menjadi mahasiswa, atau menjadi pegawai, ataupun menjadi wirausaha,” tutup Dodin pada acara pembukaan kegiatan Career Days 2018.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Bandung Euis Purnama memaparkan bahwa SMKN 3 selalu mengadakan program yang penting dan bermanfaat bagi anak-anak selagi menunggu kelulusan. Salah satunya merupakan program Career days dengan tema Ready To Go ASEAN Economic Community (AEC).

”Program ini dapat memberikan gambaran pada siswa-siswi sesuai dengan tri fungsi SMK. Siap bekerja

adalah fungsi yang pertama, diamana siswa-siswi yang sudah ditempa dengan pembelajaran keterampilan selama tiga tahun, akan siap untuk mengarungi atau bersaing dan berkompetisi untuk mendapatkan pekerjaan jadi siap,” paparnya.

”Fungsi kedua adalah siap melanjutkan, siswa-siswi SMK banyak berkesempatan dalam melanjutkan ke perguruan tinggi dengan banyak pilihan. Ketiga adalah berwirausaha, siswa-siswi harus memiliki jiwa wirausaha tinggi karena saat ini persaingan tidak hanya lokal tetapi harus sudah mencapai berpikir minimal regional sampai ASEAN,” lanjut Euis.

Saat ini, tenaga kerja SMK tentunya bersaing dengan tenaga keja asing, sehingga hal tersebut menjadi tantangan bagi siswa-siswi SMK. Dilandasi hal tersebut SMKN 3 Bandung membuat program Career Days selama tiga hari, hari pertama betemakan Edu Fair.

 

Sumber :

https://nashatakram.net/