Biografi al-walid bin abdul malik dan jasa-jasanya ketika menjadi khalifah bani umayyah

Biografi al-walid bin abdul malik dan jasa-jasanya ketika menjadi khalifah bani umayyah

Biografi al-walid bin abdul malik dan jasa-jasanya ketika menjadi khalifah bani umayyah
Biografi al-walid bin abdul malik dan jasa-jasanya ketika menjadi khalifah bani umayyah

Al-walid bin abdul malik adalah putra dari khalifah pendahulunya yaitu abdul malik bin marwan al-walid , seorang yang terkenal karna kebijaksanaanya dan sangat memperhatikan rakyatnya. Al-walid bin abdul malik juga memiliki sifat seperti ayahnya.

Selama 10 tahun memerintah dinasti umayyah yaitu tahun 705-715 M, al-walid bin abdul malik menunjukkan prestasi yang baik, sehingga tercipta suasana kesejahteraan rakyat.

Biografi al-walid bin abdul malik

Kemakmuran dan keamanan benar-benar dirasakan oleh rakyad terbukti perekonomian pada masa pemerintahannya sangat mapan, kesatuan dan persatuan kamu muslimin sangat kuat. Dengan sifat seleh dan didukung keimanan yang kuat, al-walid bin abdul malik mampu membawa nama harum islam ke seluruh plosok dunia

Usaha-usaha al-walid bin abdul malik

Al-walid bin abdul malik mengadakan usaha-usaha yang cukup berarti pada masa pemerintahannya, antara lain di bidang sosial dan perluasan wilayah :

Bidang sosial

Beberapa usaha yang dilakukan oleh al-walid bin abdul malik di sosial, antara lain sebagai berikut :
Memebentuk panti asuhan anak yatim dan orang-orang jumpo
Menunjuk petugas khusus yang menuntun orang-orang buta
Membangun rumah sakit khusus untuk orang-orang yang mengidap penyakit kusta
Membuat sumur – sumur disepanjang jalan raya yang selalu diperbaiki
Mendirikan gedung-gedung pemerintahan, pabrik-pabrik, madrasah – madrasah dan masjid yang bagus

Perluasan wilayah

Al-walid bin abdul malik memperluas wilayah kekuasaan islam hingga merambah ke wilayah barat dan wilayah timur.

Wilayah barat – Al-walid bin abdul malik memerintahkan maslamah bin abdul malik beserta pasukannya untuk merebut amuriyah hiraqlah, teluk konstantinopel, pulau sisila dan merovis. Daerah-daerah tersebut berhasil diduduki pada tahun 707 M. setelah itu pada tahun 711 M, memerintahkan musa bin nushair untuk menguasai afrika utara kemudian berdakwah kepada masyarakat barbar sampai akhirnya masuk islam dapat berkembang di daratan eropa.

Musa ziad untuk menduduki andalusia yang lahirnya dapat menakhlukkan daerah tersebut pada tahun 711 M.
Wilayah timur.

Di wilayah timur – Al-walid bin abdul malik mengerahkan pasukan islam dibawah pimpinan qutaibah bin muslim al-bahili untuk menguasai taskent, nasef, kush, bukhara, samakand, thaliqan, dan kabul, antara tahun 707 – 711 M daerah-daerah tersebut berhasil dikuasai.

Keberhasilan lainnya adalah menakhlukkan sirk (pakistan) dan india pada tahun 714 M yang dipimpin oleh muhammad bin qosim As-saqafi. Dia adalah panglima yang masih muda dan gagah berani, dari seluruh usaha perluasan wilayah ini maka pengaruh umat islam semakin bersinar.

Jasa-jasa Al-walid bin Abdul Malik

Jasa-jasa al-wakid bin abdul malik tercatat dalam sejarah sebagai bagian penting yang mengantarkan dinasti umayyah pada tataran yang tinggi di antara bangsa lainnya.

Kekuasaan dinasti umayyah meliputi wilayah yang sangat luas, mulai dari daerah indus hingga andalusia di spanyol, dengan perluasan wilayah itu maka perkembangan dakwah islam sangat pesat, sebagai jasa terbesar pemerintahan al-walid bin abdul malik.

Jasa lainnya yang juga penting adalah mengembangkan kebudayaan sehingga karya seni bangunan yang bercorak islam menjadi kebudayaan tertinggi kala itu melebihi seni bangunan ala yunani yang sudah ada ketika itu.

Jadi dibidang sosial yang ditorehkan oleh al-walid bin abdul malik adalah membangun rumah sakit, merenovasi masjidil haram, dan mengadakan perbaikan makam rasulullah saw.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2016/05/30-doa-doa-harian-terlengkap-beserta-artinya.html