Berdoa sebelum minum susu

Berdoa sebelum minum susu

 

Berdoa sebelum minum susu

Dalam Al-Qur’an susu disebutkan di surat Al-Mu’minun ayat 21 yabg berbunyi :

Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian darinya kamu makan,
(QS. Al Mu’minun : 21)

Dari ayat Al-Qur’an di atas disebutkan bahwa terdapat faedah yang besar dalam air susu.Untuk lafal doa minum susu hampir mirip dengan doa saat kita akan makan .Namun doa minum susu lebih pendek bacaannya bila dibandingkan dengan doa sebelum makan.Berikut ini doa yang dibaca sebelum minum susu ,

Doa minum susu

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَزِدْنَا مِنْهُ

“Allaahumma baarik lanaa fiihi wa zidnaa minhu”

Artinya : “Ya Allah, berkahilah kami padanya dan tambahkanlah darinya”

Doa minum susu di atas berdasarkan hadits di bawah ini :

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَطْعَمَهُ اللَّهُ الطَّعَامَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ. وَمَنْ سَقَاهُ اللَّهُ لَبَنًا فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَزِدْنَا مِنْهُ

“Barang siapa yang Allah beri makan hendaknya ia berdoa: “Allaahumma baarik lanaa fiihi wa ath’imnaa khoiron minhu” (Ya Allah, berkahilah kami padanya dan berilah kami makan yang lebih baik darinya). Barang siapa yang Allah beri minum susu maka hendaknya ia berdoa: “Allaahumma baarik lanaa fiihi wa zidnaa minhu” (Ya Allah, berkahilah kami padanya dan tambahkanlah darinya). Rasulullah shallallahu wa ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada sesuatu yang bisa menggantikan makan dan minum selain susu.”
(HR. Tirmidzi no. 3455, Abu Daud no. 3730, Ibnu Majah no. 3322. At Tirmidzi dan Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Mengapa Nabi Muhammad SAW mengajurkan kita untuk berdoa sebelum minum susu?

Karena Rasulullah shallallahu wa ‘alaihi wa sallam bersabda dalam hadits di atas , bahwa :

“Tidak ada sesuatu yang bisa menggantikan makan dan minum selain susu.”

Karena begitu besarnya manfaat susu, maka nabi kita mengajarkan untuk berdoa menyebut nama Allah sebelum kita menikmati susu sebagai wujud syukur akan nikmat dari air susu yang akan kita minum .

Dianjurkan untuk berkumur kumur setelah meminum susu

Setelah kita menikmati susu yang kita minum, Nabi Muhammad SAW mengajurkan kepada kita untuk berkumur – kumur ,karena Nabi mengatakan bahwa didalam air susu terdapat(mengandung) lemak.Hal ini sebagaimana hadits di bawah ini :

Dari Ibnu Abbas, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah minum susu berkumur-kumur. Beliau lantas bersabda, “Sesungguhnya susu itu mengandung lemak”
(HR Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila kalian minum susu maka berkumur-kumurlah, karena sesungguhnya susu meninggalkan rasa masam pada mulut.”
(HR. Ibnu Majah (499))

Syaikh Abu Abdillah Al-Maqdisi menyebutkan bahwasannya disunnahkan berkumur sesudah minum susu. Ini dinyatakan di dalam kitab Ar-Ri’ayah. Karena Nabi Muhammad SAW pernah berkumur dengan air sesudah minum susu. Beliau pernah bersabda, “Susu itu mengandung lemak.” Dan beliau pernah meminum susu yang dicampur dengan air. Keterangan ini tercantum di dalam kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim.

Semoga kita bisa mengamalkan apa yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam ajarkan kepada kita mengenai berdoa sebelum minum susu. Insya Allah jika kita sealu mengamalkan apa yang Nabi Muhammad SAW perintahkan ,maka hidup ini akan terasa begitu banyak manfaat dan baroqahnya. Sungguh setiap perilaku Rasulullah tak ada yang sia sia untuk kehidupan di dunia juga di alam akhirat kelak.

Baca Juga: